Pilar Pasar Rejowinangun Dipercantik dengan Mural

1363
MURAL : Aksi lukis tembok di Pasar Rejowinangun Minggu (19/8) yang diadakan FKSM. (MUNICHA ANDARARESTA/RADAR KEDU)
MURAL : Aksi lukis tembok di Pasar Rejowinangun Minggu (19/8) yang diadakan FKSM. (MUNICHA ANDARARESTA/RADAR KEDU)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Beberapa komunitas seni di Magelang ikut berpartisipasi dalam aksi mural yang diselenggarakan oleh Forum Komunitas Seni Budaya Magelang (FKSM) di Pasar Rejowinagun, Minggu, (19/8). Mereka bebas menggambar pilar-pilar bangunan, tepatnya di sebelah timur depan pintu masuk utama area kulineran pasar.

Ada lima tema dalam aksi ini. Yakni, Ayo Sobo Pasar, Pasarku Resik Atiku Becik, Warna-Warni Kehidupan Pasar, Pasar Rakyat Salah Satu Fondasi Ekonomi Bangsa, serta seputar barang-barang yang bisa didapatkan di pasar ini. Kegiatan melukis pasar ini masih dalam kemeriahan Festival Pasar Rakyat Magelang Tahun 2018 dengan fokus kegiatan Pasar Seni. Untuk diketahui, kegiatan Pasar Seni tersebut juga diisi dengan pameran seni rupa, dan workshop kriya.

Sekretaris FKSM, Muhammad Nafi mengatakan, sekitar 40 perupa mural dari berbagai komunitas ikut berpartisipasi. Mereka berasal dari komunitas Omah Mural Art Syndicate, Rebuild The Diversity, Diskusi Pahit, dan Magelang Ora Umum.

“Aksi mural ini bertujuan untuk mendekatkan seni kepada masyarakat dan menciptakan dunia seni kecil di Pasar Rejowinangun,” kata Nafi, kemarin.

Seorang perupa mural, Ahmadani, 23, mengaku tertarik ikut aksi ini untuk mempercantik pasar. Sehingga pasar akan terlihat lebih indah dan nyaman. Ia harap, masyarakat akan lebih senang berkunjung ke pasar, baik untuk berbelanja maupun untuk sekedar jalan-jalan.

“Semoga setelah ini jadi lebih banyak pengunjungnya,” aku perupa dari komunitas Diskusi Pahit itu.

Sementara itu, seorang pedagang kuliner di pasar ini, Hartini merasa senang adanya acara tersebut. Ia harap akan berdampak pada meningkatnya omzet penjualan. Dalam acara tersebut, hadir pula para Duta Wisata Kota Magelang 2018. (mg22/mg25/put/lis)