Miliki Rambut Cepat Panjang Tanpa Rontok dengan Mengonsumsi 9 Makanan

221

JawaPos.com – Tak jarang, beberapa orang memiliki masalah dengan pertumbuhan rambut. Bahkan bukannya tumbuh, rambut seringkali rontok. Biasanya, seseorang menggunakan produk perawatan agar rambut bisa tumbuh dengan cepat. Padahal, tanpa dibarengi dengan nutrisi yang tepat, rambut tetap akan sulit tumbuh dengan sehat.

Yup, selain tubuh, rambut juga memerlukan nutrisi yang tepat agar bisa tumbuh dengan sehat dan indah. Jika diperhatikan, ada beberapa makanan yang dianggap bisa membantu pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan.

Dilansir dari Hello Magazine, Senin (20/8), Ahli Gizi Ro Huntriss mengungkapkan ada berbagai makanan yang mengandung vitamin dan mineral khusus untuk membantu rambut untuk tumbuh. Dari makanan kaya protein hingga ikan berminyak.

tips memanjangkan rambut, tips merawat rambut, makanan sehat untuk rambut, cara merawat rambut sehat,
Protein ayam sangat penting untuk pertumbuhan rambut. (Istimewa)

Terdapat pula dalam kacang-kacangan dan buah serta sayuran tertentu. Apa saja makanan yang dimaksud Ro Huntriss?

1. Ayam

Protein ayam sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Protein bertindak sebagai pertahanan dalam sel termasuk sel-sel di rambut. Jika asupan protein yang buruk maka bisa dilihat dari rambut yang rontok.

2. Ikan Sarden

Ikan sarden adalah sumber makanan utama asam lemak omega-3 yang bertindak sebagai anti-inflamasi. Ikan dapat membantu mencegah kekeringan dan membantu meningkatkan produksi minyak ke kulit kepala.

3. Sereal kaya zat besi

Banyak sereal sarapan diperkaya dengan besi. Besi adalah mineral utama yang dapat membantu meningkatkan suplai darah. Sebab, kadar zat besi yang rendah juga memiliki hubungan dengan kerontokan rambut.

4. Jeruk

Jeruk merupakan sumber yang sangat baik dari Vitamin C. Vitamin C membantu penyerapan zat besi. Sehingga dengan mengosumsi jus jeruk bersama dengan sereal sarapan akan membantu penyerapan zat besi yang dibutuhkan rambut.

5. Biji gandum

Biji gandum memiliki kandungan mineral seng yang baik. Seng membantu dengan pemeliharaan dan pertumbuhan rambut. Kekurangan seng bisa menyebabkan rambut rapuh.

6. Kacang brazil

Kacang brazil adalah sumber makanan selenium yang baik, dengan antioksidan kuat yang membantu menjaga tubuh dan sel-sel tetap sehat. Termasuk menjaga kulit kepala yang sehat.

7. Suplemen vitamin D

Penelitian menunjukkan bahwa Vitamin D dapat membantu menjaga folikel rambut tetap sehat. Sangat sulit mendapatkan cukup vitamin D dari makanan yang dimakan. Oleh karena itu suplemen vitamin D disarankan untuk memastikan Anda mendapatkan cukup untuk melindungi rambut.

8. Ubi jalar

Ubi jalar mengandung beta-karoten, yang setelah dikonsumsi diubah menjadi vitamin A. Vitamin ini membantu kulit untuk membuat sebum yang berminyak dan membantu untuk mempromosikan kulit kepala yang sehat.

9. Biji bunga matahari

Biji bungan matahari adalah salah satu sumber makanan terbaik untuk Vitamin E, yang merupakan antioksidan hebat. Tidak hanya melindungi sel-sel dari kerusakan, Vitamin E juga bisa mencegahan kerontokan rambut dan kekeringan kulit.

(ana/JPC)