Buka Pelayanan di Akhir Pekan

308
LAYANAN PRIMA : Lapak Adminduk Disdukcapil Kabupaten Pekalongan saat melayani masyarakat di Alun-alun Kajen, Minggu (19/8). (TAUFIK HIDAYAT/RADAR SEMARANG)
LAYANAN PRIMA : Lapak Adminduk Disdukcapil Kabupaten Pekalongan saat melayani masyarakat di Alun-alun Kajen, Minggu (19/8). (TAUFIK HIDAYAT/RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, KAJEN—Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pekalongan membuka layanan administrasi kependudukan di hari libur. Setiap Sabtu dan Minggu, mobil layanan keliling disiapkan di Taman Gemek Kedungwuni dan Alun-alun Kajen.

Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Pekalongan Catur Elmiyati menjelaskan, layanan mobil keliling di hari libur ini dilakukan untuk mengurangi antrean dan memberikan pelayanan prima. Mobil yang diberi nama Lapak Adminduk ini menerima pelayanan KTP elektronik, cetak kartu keluarga, akte kelahiran, dan akte kematian.

“Dilakukannya pelayanan Sabtu dan Minggu ini untuk memberikan kesempatan pada warga yang sibuk di hari kerja, sehingga mereka bisa mengurus dokumen mereka di hari libur. Maka untuk hari Sabtu sore di Taman Gemek Kedungwuni dan hari Minggu paginya di Alun-alun Kajen saat car free day,” ungkap Catur.

Pelayanan Lapak Adminduk ini sudah berjalan sekitar sebulan terakhir. Waktu layanan masih dibatasi selama 2 jam saja. Pada Sabtu, layanan dibuka pukul 15.00 sampai 17.00. Sementara saat Minggu, warga bisa mengurus pada pukul 07.00 hingga 09.00 WIB.

“Kalau e-KTP  pas blangko habis (sehingga) dikasih suket (surat keterangan) , yang penting sudah terekam. Waktu dua jam itu biasanya 50 pelayanan. Yang 25 untuk e-KTP dan yang 25 lagi untuk lain-lainnya,” kata Catur.

Yuniarti, 33, warga dari Perum Puri Kedungwuni mengaku sangat terbantu dengan adanya Lapak Adminduk pada Sabtu dan Minggu. Ia berharap agar waktu pelayanan bisa ditambah menjadi 6 jam.

“Kalau dua jam hanya bisa melayani 50 orang, padahal yang antre terkadang sampai 100-an lebih, harusnya Lapak Adminduk melayaninya 6 jam,” harap Yuni. (thd/ton)