Sosialisasikan Budaya 3S

250
BUDAYA 3S : KKN Tim II Universitas Diponegoro saat menyosialisasikan 3 S pada perangkat Desa Kemuning Kecamatan Bejen Kabupaten Temanggung. (IST)
BUDAYA 3S : KKN Tim II Universitas Diponegoro saat menyosialisasikan 3 S pada perangkat Desa Kemuning Kecamatan Bejen Kabupaten Temanggung. (IST)

RADARSEMARANG.COM, TEMANGGUNG – KKN Tim II Universitas Diponegoro yang beranggotakan 8 orang dari berbagai disiplin ilmu yang berbeda melaksanakan Gerakan Revolusi Mental. Khususnya Gerakan Indonesia Melayani melalui program pendampingan dana desa, akte kelahiran, sistem informasi desa (SID), dan sosialisasi 3S (senyum, sapa, salam) di Desa Kemuning, Kecamatan Bejen, Temanggung. Tim II KKN Undip mengabdi selama 41 hari  sejak 11 Juli – 20 Agustus 2018.

Koordinator Desa Rizky Arvianto menjelaskan, Gerakan Revolusi Mental adalah gerakan sosial untuk bersama-sama menuju Indonesia yang lebih baik. Kegiatan Revolusi mental ini direalisasikan dalam bentuk pendampingan dana desa yang bertujuan untuk memanfaatkan dana desa agar lebih maksimal dan sesuai dengan perundang-undangan yang ada. “Selain itu, adanya pendampingan alur pembuatan akta kelahiran dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada perangkat desa mengenai SOP dan alur pelayanan akta kelahiran, sehingga perangkat desa dapat memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat,” ujarnya.

Hal yang menjadi perhatian selanjutnya dalam program Revolusi Mental ini adalah sosialisasi 3S atau senyum, salam, dan sapa yang bertujuan mengajak dan menerapkan 3S kepada perangkat desa dalam melayani masyarakat. Program 3S ini disosialisasikan dalam bentuk modul, spanduk dan x-banner. Selanjutnya adalah pengelolaan sistem informasi desa (SID) dengan tujuan dapat menjadi sarana untuk memberikan informasi mengenai desa kepada masyarakat, meliputi data desa, data pembangunan desa, serta informasi lainnya yang berkaitan dengan pembangunan desa dan kawasan pedesaan. Harapannya website desa dapat dikelola dan menjadi sarana informasi yang informatif bagi masyarakat.

“Gerakan Revolusi Mental khususnya sosialisasi budaya 3S sangat baik ditanamkan bagi anak – anak usia dini,” tutur Kepala Desa Kemuning, Bejo. (adv)