Kapal Kendal-Karimunjawa Hanya Bertahan Setahun

412
SEPI: Kondisi tempat sandar kapal wisata Karimunjawa di Pelabuhan Kendal mangkrak karena kapal pindah ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SEPI: Kondisi tempat sandar kapal wisata Karimunjawa di Pelabuhan Kendal mangkrak karena kapal pindah ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, KENDAL – Kapal Bahari Express rute tujuan Karimunjawa yang bertolak dari Pelabuhan Kendal kini sudah tidak beroperasi lagi. Tercatat sudah setahun lebih sudah tidak beroperasi.

Kepala UPTD Pelabuhan Kendal, Andi Rahmat mengatakan sebelumnya pelabuhan Kendal melayani dua perjalanan. Yakni perjalanan tujuan Kumai, Kalimatan Tengah dan perjalanan wisata ke Karimun jawa.

“Namun saat ini Namun saat ini Pelabuhan Kendal hanya melayani perjalanan menuju Kumai saja. Karena kapal Express Bahari tujuan Karimunjawa telah ditarik dan saat ini dioperasikan di Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang,” katanya, kemarin (16/7).

Jalur wisata  Pelabuhan Kendal-Karimunjawa dibuka pada 23 Agustus 2016, lalu itu sebelumnya melayani dua kali pemberangkatan dalam seminggu. Pelayanan tersebut hanya melayani selama satu tahun. Tepatnya Oktober 2017 lalu, kapal tersebut resmi ditarik ke pelabuhan Tanjung Emas.

“Jalur wisata dari pelabuhan Kendal menuju Karimunjawa itu hanya bertahan satu tahun saja sejak dibukanya jalur wisata itu. Pemberangkatan terakhir pada Oktober 2017 lalu, selanjutnya sudah tidak melayani,” jelasnya.

Ia menduga penutupan jalur wisata menuju Karimun jawa melalui Kendal dikarenakan jumlah penumpang yang menuju Karimun jawa dari Kendal yang sedikit. Bahkan tidak mengalami peningkatan dan cenderung turun selama dioperasikan di Kendal. “Jadi pemilik kapal memutuskan menarik kapalnya ke Semarang,” tuturnya.

Diakuinya, di Semarang kapal tersebut lebih banyak dibutuhkan. Sebab animo masyarakat untuk mengakses layanan wisata Karimunjawa dari Semarang lebih banyak ketimbang di Kendal. “Kami sudah berkomunikasi oleh perusahaan pemilik kapal, namun pihak kapal saat ini hanya melayani penyebrangan ke Karimunjawa melalui pelabuhan Tanjung Emas Semarang saja. Sementara dari Kendal ditunda,” tuturnya.

Hal senada dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Kendal, Suharjo.  Ia menambahkan Kapal Bahari Express ditarik di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang lantaran kondisi pelabuhan Kendal masih sepi Penumpang. “Jadi sementara waktu dioperasikan di Semarang,” katanya. (bud/bas)