Endy Arfian Tak Pernah Lewatkan Lomba 17 Agustus

187

JawaPos.com – Momen Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) selalu dirayakan aktor muda, Endy Arfian dengan mengikuti serangkaian lomba. Kepada JawaPos.com, Endy mengaku tak pernah melewatkan lomba di kompleks rumahnya begitu perayaan 17 Agustus tiba.

Berbagai lomba, mulai dari makan kerupuk, memasukkan paku ke botol selalu diikuti Endy ketika kecil. Hadiah sederhana berupa peralatan tulis pun pernah didapatkannya karena menang lomba.

“Setiap tahun selalu ikut acara lomba 17-an di rumah sama saudara. Lomba makan kerupuk, lomba bawa kelereng pakai sendok, masukin paku ke botol. Banyak deh. Dapet hadiah. Tapi lebih sering waktu kecil dapat hadiah. Kalau udah gede sekarang udah males-malesan. Setelah dewasa pernah tapi selalu nonton biasanya,” kata Endy saat ditemui Kamis (16/8).

Endy Arfian Tak Pernah Lewatkan Lomba 17 Agustus
Salah satu lomba perayaan Hari Kemerdekaan, memasukkan paku dalam botol. (Wahib Pribadi/Jawa Pos Radar Semarang)

Sayangnya, Endy mengaku tidak pernah merasakan momen haru pengibaran bendera merah putih. Lantaran, dia homeschooling dan tidak pernah mengikuti upacara memperingati hari Kemerdekaan.

Namun, tidak pernah ikut upacara bendera, tidak mengurangi rasa nasionalisme seorang Endy Arfian. Bagi Endy, momen 17 Agustus harus dimaknai anak muda atau generasi penerus bangsa dengan melakukan hal positif.

Endy mengungkapkan hal positif tidak harus sesuatu yang besar. Dengan membuang sampah pada tempatnya, bagi Endy sudah termasuk hal positif yang bisa dilakukan untuk bangsa.

“17 Agustus adalah hari, di mana kita harus ngadar bahwa kita harus baik dalam bernegara. Dari mulai sikap-sikap kecil, sikap postif harus dilakukan. Misalnya, jangan sampai anak muda tawuran lagi karena itu mencoreng nama negara banget. Dan jangan buang sampah sembaragan. Dan mungkin harus semakin banyaak anak yang bercita-cita jadi TNI karena itu sangat membantu kan. Jadi, mereka bisa ikut berjuang demi Indonesia,” ungkapnya.

Hanya saja, sebagai anak muda Endy mengaku bangga karena menjelang perayaan Hari Kemerdekaan RI, dia dilibatkan dalam kirab obor Asian Games di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), pada Rabu (15/8) lalu.

(str/JPC)