Siswa SMKN 3 Belajar dari Pengusaha Rumah Ketela

180
MOTIVASI : SMKN 3 Magelang mengikuti bimbingan dan motivasi dari pengusaha Rumah Ketela Senin (13/8). (SMKN 3 Magelang for JP Radar Kedu)
MOTIVASI : SMKN 3 Magelang mengikuti bimbingan dan motivasi dari pengusaha Rumah Ketela Senin (13/8). (SMKN 3 Magelang for JP Radar Kedu)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Sebagai salah satu SMK revitalisasi, SMK Negeri 3 Magelang melakukan pendampingan produk unggulan. Senin (13/8) lalu, puluhan siswa kelas XII Jasa Boga SMKN 3 Magelang Senin (13/8) mengikuti bimbingan dan motivasi produk unggulan di sekolah.

Bimbingan dilakukan oleh Maidar, pemilik Rumah Ketela dan Hotel Rajasa di Ngaran II Borobudur, Magelang. Rumah Ketela memproduksi berbagai macam tepung dari umbi-umbian, yang salah satunya adalah tepung mocav.

Pendampingan dari Rumah Ketela dilakukan dalam 4 kali pertemuan diawali Senin lalu. Pada kesempatan tersebut Maidar berbagi pengalaman awal mula membuka Rumah Ketela dan belajar berbagai makanan tradisional dari bahan baku nonterigu.

Ia bercerita saat  harus menyediakan makanan untuk tamu asing yang menginap di Hotel Rajasa. Selain itu dikatakan pula kesan yang diterima dari para tamu atas sajian makanan tradisional yang dia suguhkan.

Para siswa sangat antusias mendengarkan bimbingan dan motivasi dari Maidar. Salma, salah satu siswa yang mengikuti acara ini mengaku kegiatan tersebut sangat bermanfaat, karena dapat memberikan wawasan dan gambaran macam-macam olahan dari bahan lokal.

“Pendampingan ini sejalan dengan program revitalisasi SMK yang sedang berjalan di Program Keahlian Kuliner SMK Negeri 3 Magelang. Proke Kuliner mengangkat aneka kue tradisional yang salah satunya berbahan tepung mocav. Oleh karena itu, kami menggandeng Rumah Ketela sebagai narasumber,” ujar Kepala SMKN 3 Magelang, Mila Yustiana, SPd, MMPar. (*/sct/lis)