Keluar dari Zona Nyaman

330
Farida Sutarman (NURUL PRATIDINA / JAWAPOS RADAR SEMARANG)
Farida Sutarman (NURUL PRATIDINA / JAWAPOS RADAR SEMARANG)Farida Sutarman (NURUL PRATIDINA / JAWAPOS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM – PENGEMBANGAN diri bisa didapat melalui banyak cara. Salah satunya dengan menantang diri sendiri untuk keluar dari zona nyaman. Seperti yang dilakukan oleh Farida Sutarman. Besar di negeri orang, diakui Farida, penguasaan bahasa menjadi tantangan tersendiri saat mendapat tawaran untuk berkarir sebagai seorang public relations di Indonesia. Tapi justru tantangan ini menjadi daya tarik tersendiri. “Saya paham bahasa Indonesia, tapi karena saya besar dan tinggal lama di Singapura, maka waktu itu masih agak susah untuk berbicara lancar. Sedangkan PR pastinya berinteraksi dengan banyak pihak. Jelas ini bukan comfort zone saya,”ujar PR Manager Celebrity Fitness ini kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Proses belajar menjadi tantangan yang menarik. Tak sekadar teori, namun langsung praktik lapangan. Mengubah rilis berbahasa Indonesia, bertemu dengan rekan-rekan media maupun pihak-pihak lain yang terkait. “Saya banyak belajar dari orang-orang yang saya temui, khususnya dari atasan saya dulu. Dia kasih banyak masukan mulai dari penampilan, bicara dan lain sebagainya. Termasuk menyemangati bahwa saya pasti bisa,”katanya.

Empat tahun berlalu, perempuan yang hobi membaca ini pun makin menikmati pekerjaan yang diampunya. Suasana kekeluargaan yang dibangun oleh perusahaan tempat bekerja pun membuat Farida makin betah. “Suasana kekeluargaan yang saya rasa di sini bikin nyaman, bikin betah. Kompak saling bantu, jadi walaupun kadang lelah, tetap merasa senang,”ujarnya.(dna/aro)