Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah,Ir Lalu M Safriadi,M.M menyerahkan hadiah kpd pemenang lomba POKDAKAN tingkat Jawa Tengah. (ISTIMEWA)
Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah,Ir Lalu M Safriadi,M.M menyerahkan hadiah kpd pemenang lomba POKDAKAN tingkat Jawa Tengah. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Raut bahagia terpancar dari wajah Rozikin, peserta lomba penilaian kinerja Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) dan Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsartingkat Provinsi Jawa Tengah, saat kelompoknya diumumkan sebagai pemenang.

Pria asal Tegal ini tak menyangka, kelompok budidaya ikan Gemilang Minajaya yang dikembangkan bersama rekan-rekannya dinobatkan sebagai juara 1 dalam acara yang diadakan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Tengah, Rabu (15/8). 

“Yah nggak nyangka jadi juara. Padahal kita niatnya memang ingin mengembangkan budidaya ikan dengan pendampingan dari Dinas Kelautan dan Perikanan, tapi waktu ada penilaian kita menang, ya alhamdulillah,” tuturnya.

Lomba penilaian kinerja Kelompok Pembudidaya Ikan dan  Kelompok Pengolah dan Pemasar ini menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah, Lalu M Safriadi, merupakan bentuk apresiasi pihaknya kepada para pembudidaya ikan.

“Usaha kelautan dan perikanan itu meliputi penangkapan, pembudidayaan, pengolahan dan pemasaran ikan. Itu semua, merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan taraf hidup rakyat melalui peningkatan pendapatan dan kesempatan kerja. Dengan demikian usaha kelautan dan perikanan merupakan alternatif dalam menjawab permasalahan tingginya tingkat pengangguran,” cetus Lalu M Safriadi dalam sambutannya saat menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba.

Lomba penilaian kinerja Pokdakan dan poklahsar Provinsi Jawa Tengah 2018 ini terbagi dalam 6 kategori. Yakni kategori budidaya udang, budidaya ikan hias, budiaya lele/patin, budidaya nila/gurami, UPR/HSRT dan Poklahsar. (ae1/lis)