Cara Merawat Kuku Sehat Berkilau dengan 5 Bahan Rumahan

70

JawaPos.com – Kebersihan seseorang salah satunya bisa dilihat dari bagaimana ia merawat kukunya. Kebiasaan makan dengan tangan hingga aktivitas bisa membuat kuku terlihat tidak cantik. Kini, tanpa perlu ke salon, ada beberapa cara merawat kuku agar lebih sehat dan berkilau.

Tak hanya untuk kecantikan, merawat kuku diperlukan agar terbebas dari jamur. Dilansir dari Healthy Guide, Kamis (16/8), daripada menggunakan cairan kimia untuk membersihkan kuku, lebih baik gunakan resep rumahan. Cara merawat kuku dengan resep rumahan bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah.

Resep alami dianggap mengandung sifat antioksidan untuk kesehatan kuku. Antioksidan ini membantu menguatkan kuku, membuat kuku terlihat cantik, panjang dan berkilau. Berikut ulasannya,

cara merawat kuku, cara bikin kuku berkilau, bahan alami merawat kuku, tips merawat kuku,
Susu ternyata bisa digunakan merawat kuku agar sehat berkilau. (Istimewa)

1. Petroleum Jelly

Setelah setiap mencuci tangan dan sebelum tidur, ambillah beberapa petroleum jelly dan pijat dengan lembut kuku Anda. Menurut sebuah penelitian, cara merawat kuku alami ini membantu mencegah hilangnya kelembaban dan menutrisi secara efektif.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah bahan yang sangat baik yang ditemukan di banyak produk perawatan kulit. Tapi juga digunakan untuk menyembuhkan kuku yang rusak. Minyak zaitun mengandung asam linoleat yang membantu melembabkan kuku dan mencegah dari kerusakan.

Caranya panaskan perlahan minyak zaitun sampai hangat. Kemudian, tuangkan minyak zaitun hangat dalam mangkuk dan rendam kuku ke dalamnya. Biarkan selama sekitar 2 menit. Cuci dengan air dan oleskan krim kuku setelah itu. Ulangi perawatan ini secara teratur.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung vitamin E, asam laurat, lemak sehat, dan kaprilat yang dibutuhkan untuk kuku. Cara merawat kuku dengan minyak kelapa bisa melawan infeksi dan jamur. Selain itu, minyak kelapa membantu melembutkan kuku dan kutikula.

Oleskan minyak kelapa hangat ke kuku Anda, pijat dengan lembut dan biarkan meresap ke dalam kulit selama beberapa menit. Ulangi obat ini dua kali sehari untuk mendapatkan hasil terbaik.

4. Susu

Susu adalah cara merawat kuku rumahan yang bagus. Sebab membantu membersihkan kuku secara alami. Sebenarnya, ini dikenal sebagai salah satu cara terbaik tentang untuk  mendapatkan kuku yang mengkilap dengan cepat di rumah. Tentunya secara alami tanpa cat berbahan kimia.

Pertama, hangatkan susu dalam mangkuk. Rendam kuku Anda dalam susu hangat selama 5 menit lalu bilas dengan air. Ulangi obat ini secara teratur untuk memiliki kuku yang mengkilap.

5. Vitamin E

Selain kecantikan kulit, vitamin E merupakan bahan penting untuk merawat kuku tetap sehat dan bersinar. Vitamin ini membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kuku Anda. Ini juga membersihkan kekeringan dan kotoran pada kuku.

Beberapa makanan kaya vitamin E yang harus Anda masukkan dalam rencana diet adalah alpukat, jeruk, tomat, dan lemon. Selain itu, Anda dapat menerapkan cara berikut untuk merawat kuku Anda yakni tambahkan minyak vitamin E dan kemudian oleskan ke kuku sebelum tidur.

(fid/JPC)