MENGHIBUR: Tim sepak bola foto bersama dilapangan Gajah sebelum bertanding. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
MENGHIBUR: Tim sepak bola foto bersama dilapangan Gajah sebelum bertanding. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, DEMAK – UPTD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak menggelar berbagai macam lomba. Ini dilakukan untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) atau Dirgahayu Kemerdekaan RI ke-73.

Lomba yang dipertandingkan adalah lomba kasti putri (6-7 Agustus),  sepak bola bersarung (9-10 Agustus) serta lomba gerak jalan (13 Agustus). Gerak jalan diikuti siswa siswi sekolah dasar (SD) se-UPTD Dikbud, Kecamatan Gajah.

Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) UPTD Dikbud Gajah, Rasidi, mengatakan, aneka macam lomba tersebut digelar untuk menciptakan suasana meriah, utamanya dalam HUT RI tersebut. Ini sesuai dengan motto yang ada, yaitu, heboh, meriah dan guyub. “Karena itu, kita ramaikan HUT RI ini melalui berbagai kegiatan lomba. Lomba ini kita bikin seunik mungkin, seperti sepak bola pakai sarung. Lomba kasti yang lama tidak kita jumpai juga kita gairahkan lagi,” katanya.

Rasidi menuturkan, selain lomba,  pada 17 Agustus nanti juga diadakan upacara serta selamatan dengan tumpengan di UPTD. “Alhamdulillah, selama pelaksanaan lomba, peserta sangat antusias dan terus bersemangat untuk menjadi yang terbaik. Dengan demikian, lomba tersebut betul betul guyub dan heboh,” kata Rasidi yang juga pencetus ide berbagai kegiatan Agustusan tersebut.

Menurutnya, lomba Agustusan ini menjadi momentum untuk menjalin kebersamaan semua elemen dilingkungan UPTD Dikbud Kecamatan Gajah. Koordinator lomba, Suparman SPd menambahkan, lomba yang dilaksanakan telah menghasilkan para juara.

Untuk lomba sepak bola pakai sarung para pemenangnya adalah, Gugus Sudirman (juara 1), Gugus Sultan Fatah (juara 2), dan Gugus Diponegoro (juara 3). Sedangkan, untuk lomba Kasti Putri, sebagai juaranya yaitu, Gugus Sultan Fatah (juara 1), Gugus Diponegoro (juara 2), dan Gugus Sultan Agung (juara 3).

Adapun, juara lomba gerak jalan anak anak TK/SD untuk kategori  gerak jalan putri adalah,  SDN Tambirejo ( juara 1), SDN Kedondong I ( juara 2), dan SDN Telogo Pandogan (juara 3). Kemudian,   SDN Banjarsari 1 (juara harapan 1), dan SDN Tanjunganyar (juara harapan 2).

Untuk pemenang gerak jalan putra, yaitu, SDN Telogo Pandogan 2 (juara 1), SDN Banjarsari 2 (juara 2), dan SDN Tambirejo (juara 3). Lalu, SDN Wilalung 2 (juara harapan 1), SDN Kedondong 1 (juara harapan 2).

Kepala UPTD Dikbud Kecamatan Gajah, Suyono, mengungkapkan, berbagai lomba dilaksanakan dengan sukses. “Tentu, ini wujud dari kerjasama tim panitia Agustusan yang solid dan menjunjung tinggi kebersamaan. Lomba lomba tersebut adalah salah satu cara kita untuk mengisi kemerdekaan yang ke-73 ini,” katanya. (hib/sct/bas)