Sadarkan Jiwa Sosial Sejak Dini

498
SERAHKAN : Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga menyerahkan logistik bulan dana PMI ke stakeholder sebagai pengumpul dana. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)
SERAHKAN : Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga menyerahkan logistik bulan dana PMI ke stakeholder sebagai pengumpul dana. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, BATANG – Gerakan kemanusiaan Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) lebih pada melatih kepekaan sosial masyarakat bukan pada target perolehan pengumpulan dana. Untuk itu, tahun ini akan lebih menekankan sosialisasi di tingkat sekolah agar bisa menyadarkan siswa  sejak dini.

“Kita ingin melatih kepekaan sosial khususnya bagi anak dan diri kita, dalam pengumpulan dana tersebut juga sudah diatur dalan regulasi dan peran PMI selalu bertindak cepat membantu masyarakat terkena musibah,” ucap Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga selaku Ketua Penggalangan Bulan Dana PMI, pada Senin ( 13/8).

Kapolres akan mengumpulkan pengurus dan segera sosialisasi ke sekolah-sekolah. Bahkan dirinya bersedia turun langsung memberikan sosialisasi kepada siswa dengan harapan jiwa sosial bisa tertanam sejak dini.

Pihaknya memiliki target mengumpulkan dana sebesar Rp 1,17 miliar. Ditambah lagi, masih dibebani kekurangan target tahun kemarin sebesar Rp 200 juta.  Pengumpulan dana yang akan dimulai 13 Agustus sampai dengan 9 Okteber 2018, diharapkan bisa lebih banyak lagi dari tahun lalu.

Sementara itu Bupati Batang Wihaji mengatakan, substansi pengumpulan dana PMI untuk kemanusiaan, sehingga semua pihak akan diuji kepekaaan sosialnya.   “Saya perintahkan Kepala Dinas Pendidikan untuk sosialisasikan ke kepala sekolah terkait pelaksanaan bulan dana PMI ini agar mencapai target, karena pengumpulan dana PMI lebih banyak di siswa sekolah,” kata  Bupati Wihaji.

Wakil Ketua PMI Kabupaten Batang Nasikhin mengatakan, tahun lalu dalam pelaksanaan bulan dana PMI selalu masuk 3 besar di Provinsi Jawa Tengah.

“Bahwa Bulan Dana ini tidak semata- mata untuk mengumpulkan dana tetapi kita untuk melatih masyarakat agar lebih peduli terhadap sesama dan lingkunganya,” tandasnya. (han/zal)