BANYAK PEMINAT: Dekan Fakultas Dakwah IAIN Salatiga Mukti Ali saat memberikan ucapan selamat datang dalam penutupan PBAK Fakultas yang selesai digelar selama dua hari. (ISTIMEWA)
BANYAK PEMINAT: Dekan Fakultas Dakwah IAIN Salatiga Mukti Ali saat memberikan ucapan selamat datang dalam penutupan PBAK Fakultas yang selesai digelar selama dua hari. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.COM, SALATIGA – Jumlah mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Fakultas Dakwah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga membludak. Hal ini terlihat dari jumlah mahasiswa yang melonjal lebih dari 50 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun ini jumlah mahasiswa baru mencapai 655 dibandingkan tahun sebelumnya sekitar 400 mahasiswa.

Para mahasiswa baru fakultas ini telah selesai mengikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) yang digelar selama dua hari. “Ini penting agar mahasiswa baru dapat segera menyesuaikan dengan tata kehidupan ilmiah di IAIN Salatiga yang menjunjung tinggi nilai moral dan kultur agama,” terang Mukti Ali, Dekan Fakultas Dakwah IAIN kepada wartawan, kemarin siang.

Kegiatan PBAK dilakukan selama dua hari dimulai dengan paparan materi mulai dari sistem akademik dan kemahasiswaan fakultas dakwah, dakwah profetik dalam bingkai islam keindonesiaan, pengenalan lapangan, hingga bersih lingkungan kampus.

Ketua panitia pengarah PBAK Imam Subqi menambahkan, tujuannya adalah agar mahasiswa mampu mengetahui dan memahami diri dan potensi, mampu merencanakan. Mahasiswa baru juga diharapkan mendapatkan bekal untuk meningkatkan kematangan emosional yang dalam menghantarkan pada kehidupan yang bermoral dan bermartabat.

“Mereka juga dididik dan dibimbing serta mengarahkan peserta untuk mengenali dan memahami sistem pendidikan di lingkungan fakultas dakwah IAIN,” jelas Imam. Selain itu juga memupuk semangat solidaritas dan toleransi diantara sivitas akademika dan cinta tanah air. (sas/sct/bas)