Buka Posko Pengaduan DCS

216

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG-Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jateng telah mengumumkan Daftar Calon Sementara (DCS) anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jateng untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019. Karena itu, KPU meminta masyarakat untuk ikut mengawasi dan mengamati calon-calon tersebut.

Koordinator Divisi Humas Bawaslu Jateng, Muhammad Rofiuddin, mengatakan bahwa keterlibatan masyarakat sangat dibutuhkan. Untuk itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng mengharapkan masyarakat/publik bisa ikut memberikan masukan dan tanggapan terhadap nama-nama DCS tersebut. “Kami membuka posko pengaduan, masyarakat bisa melihat track record masing-masing calon yang diusung parpol,” katanya.

Ia menambahkan, pengaduan DCS dibuka mulai 12 hingga 21 Agustus 2018. Adapun masukan dan tanggapan masyarakat disertai dengan identitas diri bisa disampaikan kepada Bawaslu Jateng. “Bawaslu akan selalu merahasiakan identitas pelapor,” tambahnya.

Di era keterbukaan seperti sekarang, masyarakat berhak mengetahui dan mengawal calon-calon legislatif. Apalagi, KPU Jateng secara resmi sudah melaporkan nama-nama DCS di media massa. Keterlibatan masyarakat sangat dibutuhkan mengingat mereka nantinya akan mewakili masyarakat Jateng. “Masyarakat harus terlibat, karena ini untuk kebaikan bersama dan demokrasi di Jateng,” tambahnya. (fth/ida)