RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Sebanyak 12.000 mahasiswa baru (Maba) Undip telah mengikuti serangkaian Orientasi Diponegoro Muda (ODM) selama enam hari. Dalam hari terakhir ODM Undip 2018, Minggu (12/8) kemarin, semua maba membuat sebuah mozaik dengan tema Asian Games dan Keindonesiaan di lapangan Undip Tembalang.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti yang hadir di lokasi memberikan apresiasinya terhadap pembuatan mozaik yang dilakukan maba Undip. Dirinya yang duduk di tribun VIP bahkan sempat berlari ke arah tribun timur dan menonton desain mozaik dari tempat yang lebih tinggi.

“Saya mengapresiasi pembuatan mozaik yang ditampilkan oleh mahasiswa baru Undip, karena  pasti membutuhkan proses yang sangat rumit, namun hebatnya seluruh mahasiswa mampu melakukanya,” katanya dalam penutupan ODM Undip 2018.

Susi mengatakan, Indonesia merupakan sebuah negara yang kaya raya baik dari kekayaan alamnya maupun kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) yang melimpah dari Sabang sampai Merauke.

“Harapanya seluruh mahasiswa baru Undip dapat menjadi pribadi yang tangguh dan punya semangat juang yang tinggi dalam menempuh pendidikan. Mereka harus punya fighting spirit yang besar agar bisa meraih kesuksesan,” kata Susi Pudjiastuti.

Sementara itu, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Undip, Abdurrohman Hizbullah menambahkan, selama 6 hari mengikuti ODM mahasiswa baru Undip diajarkan mengenai 9 sifat teguh milik Pangeran Diponegoro yang nantinya diharapakan dapat menjadi perwujudan mahasiswa Undip. ODM Undip 2018 juga mengusung tema Green Habit yakni pemberian 1.000 pohon dari mahasiswa pada lingkungan Undip.

Penutupan ODM Undip tersebut juga turut serta dihadiri oleh Menristek dan Dikti, Prof Mohamad Natsir dan juga Wakil Ketua DPD RI, Ahmad Muqowam yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Ikatan Alumni Undip. (cr2/zal)