RADARSEMARANG.COM, SEMARANG–Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo me-launching maskot Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah ke XV tahun 2018 di halaman kantor Gubernur Jateng, Jalan Pahlawan Semarang. Maskot berupa tokoh wayang Werkudara dikenalkan kepada warga Semarang dalam acara Car Free Day, Minggu (12/8) pagi.

Tidak hanya di Semarang, maskot juga menyapa warga di sepanjang jalan Semarang-Salatiga-Boyolali-Stadion Sriwedari Solo. Sebab, dengan menaiki Jeep terbuka, maskot ini turut mengiringi 175 pesepeda dari Semarang menuju Solo.

”Dari Semarang berangkat bersama 50 mobil dari komunitas mobil yang turut menyemangati para pesepeda. Kemudian di Salatiga ada tambahan 50 pesepeda dan di Boyolali juga ada 50 pesepeda juga,” ujar Ketua Panitia Pelaksana Launching Maskot Porprov 2018, Daniel Toto Indiyono.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, pemilihan Werkudara sebagai maskot Porprov 2018 dilatarbelakangi sikap yang dimiliki tokoh wayang ini, yaitu kuat, tegas, sportif serta memiliki kejujuran tinggi. Sikap-sikap ini diharapkan dapat mewarnai Porprov yang akan digelar 19-25 Oktober mendatang di Surakarta.

”Sebenarnya ini menjadi serangkaian kegiatan KONI Jateng yang saat ini dikomandoi Brigjen (Purn) Subroto untuk menjadikan pelaksaan Porprov 2018 berkualitas. Baik berkualitas secara prestasi, maupun pelaksanaan,” ujar Toto di sela acara launching.

Pada kesempatan sama, ia jelaskan, Porprov ini merupakan langkah persiapan menyongsong Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 yang akan dihelat di Papua. Ia mengakui PON bukanlah ajang yang mudah dihadapi. Sehingga persiapan panjang menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. ”Launching ini untuk memberikan semangat menghadapi Porprov dan nantinya dari Porprov untuk menghadapi PON,” ujarnya.

”Target kami menjaga ranking 4. Karena daerah Indonesia Timur, seperti Papua sendiri sangat berambisi menduduki peringkat atas. Kami juga mempertimbangkan daerah langganan emas seperti DKI, Jatim dan Jabar. Kami bertahan di posisi empat sudah bagus,” imbuhnya membeberkan.

Beberapa cabang olahraga yang diunggulkan untuk mempertahankan posisi peringkat 4 di antaranya ada wushu, atletik serta sejumlah olahraga perorangan lainnya. Selebihnya, ia katakan masih 50:50.

Sebelumnya gubernur juga telah memberikan motivasi kepada para atlet dan pelatih Porprov yang dipersiapkan untuk PON. Suntikan semangat diberikan Ganjar agar para atlet dapat mengukir prestasi sebaik mungkin.

Pada gelaran Porprov ini, Gubernur Ganjar mengajak semua pihak memviralkan cabang olahraga apapun lewat unggahan di media sosial. Baik mengenai latihan, prestasi maupun hal lainnya berkaitan dengan Porprov Jateng 2018. ”Atletnya makannya apa, kalau perlu ditampilkan juga. Biar Porprov kita ada gregetnya,” ujar Ganjar sesaat sebelum melepas 175 pesepeda dari Semarang.

Setelah me-launching bersama Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi dan Forkopimda, Ganjar turut menggenjot sepeda dan memimpin pesepeda lainnya. Porprov tahun 2018 diikuti kurang lebih 6355 atlet utusan KONI 35 kabupaten/kota. Ada 46 cabang olahraga dengan 708 nomor yang dipertandingkan. (sga/ida)