Raih 4 Manfaat Mengonsumsi Sarang Burung Walet bagi Kesehatan

333

JawaPos.com – Memanfaatkan sarang burung walet (bird nest) untuk kesehatan dapat dilakukan dengan mengolahnya ke dalam berbagai jenis makanan rumahan, seperti sup dan sayur bening. Saat inipun sudah terdapat sarang burung walet dengan kemasan cair atau minuman yang dapat langsung dikonsumsi setiap harinya.

Menurut ahli boga sekaligus chef kenamaan, Rudy Choirudin, sarang burung walet dapat dikonsumsi idealnya 2,5 gram per hari. Adapun manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari masakan yang dicampur sarang burung walet sangat beragam. Tak hanya untuk kesehatan, namun juga berguna bagi kecantikan kulit. Berikut 5 khasiat utama dengan mengonsumsi sarang burung walet menurut chef Rudy.

1. Tidur Lebih Nyenyak

sarang burung walet, manfaat sarang burung walet, masker sarang burung walet, minuman sarang burung walet,
Manfaat masker bird nest untuk bikin kulit awet muda. (Istimewa)

Bird nest mengandung protein dan asam amino tinggi yang memicu tidur lebih cepat. Tandanya sangat berguna untuk penderita insomnia atau gangguan tidur. “Kalo kita sudah minum itu bawaanya agak ngantuk. Kalo orang tidurnya dalam dan pulas berarti kesehatannya berkat khasiat asam amino dan antioksidan tinggi itu,” ujar chef Rudy.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sarang burung walet dipercaya memiliki kandungan mineral yang tinggi. Dengan begitu sarang walet ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh. Caranya adalah merebusnya dengan susu atau air. Minumlah secara rutin paling tidak seminggu dua kali.

3. Menghilangkan Jerawat

Jerawat dan pori-pori besar adalah masalah kulit yang sering muncul. Untuk menghilangkan jerawat bisa gunakan masker sarang burung walet. Saat ini sudah tersedia sheet mask dengan campuran air bird nest yang praktis digunakan. Sarang burung walet ini mengandung kolagen alami yang dapat membantu menyembuhkan jerawat.

4. Membuat Awet Muda

Manfaat sarang burung walet untuk kecantikan yang selanjutnya adalah membuat awet muda. Sebab di dalamnya terkandung serat yang cukup tinggi sehingga bisa mengencangkan kulit dan menyamarkan garis kerutan.

(ce1/fid/JPC)