Mahasiswa Baru Jalani Tes Urine

247
TES URINE : Sejumlah mahasiswa mengantre untuk menyerahkan sampel urine kepada petugas untuk diperiksa. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
TES URINE : Sejumlah mahasiswa mengantre untuk menyerahkan sampel urine kepada petugas untuk diperiksa. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Peredaran narkoba belakangan ini terus menyasar kalangan kampus. Sebagai langkah antisipasi, ribuan mahasiswa baru (maba) Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengikuti tes urine yang digelar Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jateng dan kepolisian di Auditorium Prof Wuryanto, Sabtu (11/8).

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Bambang BR mengatakan, tes urine diikuti seluruh maba Unnes tanpa terkecuali, dengan jumlah sekitar 7.800 mahasiswa. “Tes urine ini adalah bagian untuk menciptakan mahasiswa yang berprestasi dan berkarakter,” katanya.

Ia menjelaskan, kampus punya peran untuk mengantisipasi peredaran narkoba di dalam kampus. Unnes akan menerapkan kebijakan tegas bagi mahasiswa yang terlibat dalam peredaran atau mengonsumsi narkoba.

Bambang menegaskan, ke depan tes narkoba akan dilakukan secara rutin bagi setiap mahasiswa, karyawan dan dosen Unnes. Hal tersebut dilakukan sebagai edukasi dan antisipasi penyalahgunaan narkoba di kalangan civitas akademika kampus.

Salah satu maba, Selvya Juwita mengapresiasi tindakan antisipasi dari pihak kampus tersebut. Menurut dia dengan jauh dari narkoba, kegiatan belajar di kampus bisa lebih aman dan menyenangkan sekaligus bisa menorehkan prestasi. “Harapannya sih setiap semester bisa dilakukan tes urine, agar mahasiwa jauh narkoba ataupun menjadi sasaran pengedar narkoba,” tambahnya. (den/ton )