Subroto (BASKORO SEPTIADI/RADAR SEMARANG)
Subroto (BASKORO SEPTIADI/RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Potensi olahraga Jateng sekarang ini makin diperhitungkan di level nasional. Hal ini dibuktikan dengan adanya 56 atlet Jateng yang memperkuat Indonesia pada Asian Games Jakarta-Palembang 2018, 18 Agustus – 2 September mendatang.

Mereka nantinya akan bertanding pada 20 dari 40 cabang olahraga yang digelar. Atlet Jateng yang berlaga pada ajang multicabang empat tahunan Asia tersebut berasal dari 20 kabupaten/kota yang ada di daerah ini.

”Indonesia sendiri punya potensi medali di 15 cabang olahraga dan atlet Jateng ada di cabang-cabang tersebut. Di antaranya bulu tangkis, dayung, panjat tebing, wushu, panahan, balap sepeda, dan angkat besi. Ini menjadikan peran Jateng sangat strategis bagi olahraga nasional,” tutur Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jateng Subroto.

Dia memaparkan, awalnya ada 64 atlet yang dipanggil mengikuti pelatnas. Kemudian terdegradasi tiga atlet dan akhirnya terpilih 56 atlet serta 9 pelatih. Dari jumlah atlet Jateng tersebut, Kota Semarang dan Kudus menyumbang 9 atlet. Kemudian Kota Surakarta dengan 8 atlet.

”Kami akan mencoba untuk langsung mendukung perjuangan atlet Jateng di Asian Games nanti. Pemprov Jateng pun juga sangat peduli dengan atlet. Bahkan, Pak Gubernur (Ganjar Pranowo, red) telah memberikan tali asih kepada mereka. Dan jika ada yang meraih medali, tentunya juga mendapatkan tali asih kembali. Sebuah kebanggaan bagi Jateng bisa berkontribusi bagi Indonesia,” tutur dia. (bas/ton)