Fokus Genjot Mental Bertanding

748
PERSIAPKAN DIRI: Rombongan atlet Kota Semarang dalam kegiatan latihan gabungan di Sport Center Tri Lomba Juang Kota Semarang, Sabtu (11/8 ) pagi. (ISTIMEWA)
PERSIAPKAN DIRI: Rombongan atlet Kota Semarang dalam kegiatan latihan gabungan di Sport Center Tri Lomba Juang Kota Semarang, Sabtu (11/8 ) pagi. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Kesiapan mental dan psikologi atlet dipandang penting Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Semarang, sebelum mereka berkompetisi dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng XV 2018 di Solo, 18-25 Oktober mendatang.

Wakil Ketua I KONI Kota Semarang, Heru Supriyono mengatakan untuk mendorong kesiapan tersebut pihaknya menggelar latihan gabungan (latgab) selama dua hari satu malam di Makostrad Salatiga, Batalyon Infanteri Mekanis 411/Pandawa, Sabtu-Minggu (11-12/8) ini. Latihan gabungan ini diikuti 571 atlet dari 45 cabang olahraga (cabor) di dalam naungan KONI Kota Semarang yang lolos ke Porprov XV 2018 Solo.

”Latgab yang kami adakan ini bertujuan agar dalam jiwa atlet tertanam rasa kebersamaan. Sehingga dalam satu kontingenakan tumbuh rasa ingin membawa nama baik Kota Semarang dengan mempertahankan gelar juara umum Porprov XIV Banyumas 2013 lalu,” kata Heru.

Kegiatan tersebut nantinya akan dipandu para instruktur dari Makostrad Salatiga dan psikolog dari Akademi Militer (Akmil) Magelang. Acara puncak dari kegiatan tersebut dilakukan pada Sabtu malam.

”Adanya instruktur dari militer kami harap mental dan psikologi atlet bisa benar-benar tertata dan mantap. Sehingga memunculkan team work yang solid da kepercayaan diri dalam bertanding,” lanjut Heru.

Wakil Ketua Umum II KONI Kota Semarang, Endang Kumaidah menambahkan pemilihan tempat di kawasan militer TNI Angkatan Darat  Salatiga karena di sana dipandang mendukung untuk mewujudkan tujuan KONI Kota Semarang kepada para atlet. Selain mental dan psikologi, kedisilinan juga ditekankan dalam kegiatan ini.

”Kami juga berharap 571 atlet dari 45 cabor nantinya bisa bertanding dengan sportif di Porprov Jateng 2018. Selain menjadi juara, kami ingin karakter mereka juga terbentuk secara baik,” lanjut Endang. (bas)