Anemia Ganggu Ereksi?

114

­

Tanya dr Andi:

Akhir-akhir ini suami saya sering sulit ereksi, wajahnya pucat. Setelah diperiksa, ternyata menderita kurang darah atau anemia. Usia suami baru 39 tahun. Bagaimana mengatasinya? Terimakasih dok.

(H di Smg)

Jawab dr Andi:

Penyakit Anemia atau kurang darah adalah suatu kondisi di mana jumlah sel darah merah (Hemoglobin) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Hemoglobin yang terkandung di dalam sel darah merah berperan dalam mengangkut oksigen dari paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh. Disebut anemia apabila konsentrasi Hemoglobin (Hb) pada laki-laki kurang dari 13,5 g/dl dan Hematokrit kurang dari 41%, Pada perempuan konsentrasi Hemoglobin kurang dari 11,5 G/DL atau Hematokrit kurang dari 36%.

Gejala anemia adalah : 1. Kulit wajah tampak pucat. 2. Kelopak mata kelihatan pucat. Caranya dengan meregangkan kelopak mata dan melihat warna kelopak mata bagian bawah akan tampak pucat. 3. Ujung jari pucat. Tekan ujung jari, normal nya setelah ditekan daerah tersebut akan berubah jadi merah, tapi pada anemia ujung jari tampak pucat. 4. Mudah lelah, padahal tidak kerja berat, ini terjadi karena pasokan energi tubuh yang tidak maksimal akibat kekurangan sel-sel darah merah yang berfungsi sebagai alat pembawa oksigen dan nutrisi di dalam tubuh. 5. Denyut jantung jadi tidak teratur, ini akibat jantung harus memompa lebih berat dan lebih cepat, sehingga jantung kerjanya over dan dituntut bekerja lebih cepat. 6. Gejala lain: mual, sakit kepala, kekebalan tubuh menurun/mudah masuk angin, sesak nafas saat berjalan/bekerja/beraktivitas.

Penyebab : gangguan produksi sel darah merah, perdarahan, rusaknya sel darah/hemolisis. Kurang zat besi, ada cacing dalam usus/tubuh.

Pengobatan: Suplemen zat besi, vitamin B12, asam folat, transfusi darah. Eritropoietin, yaitu jenis hormon yang membantu proses hematopoiesis pada sumsum tulang. Bila aneminya diatasi, dokter akan mencari penyebab gangguan ereksinya, dengan laboratorium memeriksa kadar lemak darah, protein darah, tes fungsi hati, ginjal, fungsi jantung, juga kadar hormonal. (www.dokterAndi.com)