KPI IAIN Salatiga Sukses Gelar KNKI

330
GALA DINNER: Plh Wali Kota Muh Haris menerima cinderamata dari Askopis yang diserahkan dekan fakultas Dakwah IAIN, Mukti Ali dalam acara gala dinner peserta KNKI di pemkot Salatiga, kemarin malam. (DINAR SASONGKO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
GALA DINNER: Plh Wali Kota Muh Haris menerima cinderamata dari Askopis yang diserahkan dekan fakultas Dakwah IAIN, Mukti Ali dalam acara gala dinner peserta KNKI di pemkot Salatiga, kemarin malam. (DINAR SASONGKO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SALATIGA – Sedikitnya 140 Perwakilan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri dan Swasta se-Indonesia hadir di IAIN Salatiga guna mengikuti Konferensi Nasional Komunikasi Islam (KNKI) 2018 yang digelar Rabu-Jumat (8-10/8) di Hotel Laras Asri dan IAIN Salatiga.

Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah Institut Agama Islam (IAIN) Negeri Salatiga menjadi tuan rumah terselenggaranya acara Asosisasi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (Askopis).

Dekan Fakultas Dakwah IAIN Salatiga, Mukti Ali mengungkapkan kenapa Kota Salatiga dipilih menjadi tuan rumah adalah tidak lain karena Salatiga memiliki slogan city of harmoni dan kota toleran.

Selain itu, Mukti Ali memiliki harapan besar terhadap acara ini untuk memotivasi mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) untuk tidak merasa sendiri. Acara ini memberikan motivasi bahwa jurusan ini memiliki alumni yang luar biasa.“Saya ingin mahasiswa membuka mata bahwa melihat luar itu penting, biar dia tidak merasa sepi karena masuk ke jurusan minoritas. Alumni KPI banyak yang menjadi orang besar dan orang hebat, untuk itu gambaran semacam itu harus diberikan kepada mahasisawa,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Umum Askopis Mohammad Zamroni mengucapkan terima kasih atas sambutan Pemkot Salatiga. KNKI dihadiri sejumlah tokoh nasional seperti Ketua MPR Zulkifli Hasan, Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Rangkaian acara KNKI II antara lain seminar nasional, pelantikan DPD Askopis, Bedah Buku karya Dosen Askopis, Workshop Penulisan Jurnal serta Pemeran dan Bazar. Pada hari kedua, pemateri yang dihadirkan yakni Dirjen Informasi Komunikasi Publik Kemkominfo, Niken Widiastuti, Pengamat Politik Dr Gun Gun Heryanto, MSi, dan Sekretaris Jenderal Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Ma’ruf Cahyono. Ketiganya memaparkan materi seputar tema yakni Komunikasi, KeIslaman, dan KeIndonesiaan.

Tahun ini Konferensi Nasional Komunikasi Islam (KNKI) II mengusung tema “Komunikasi Islam dan Ketahanan  Nasional dalam Perspektif Komunikasi dan Keislaman” Tema ini menyesuaikan dengan visi IAIN Salatiga yakni pada tahun 2030 menjadi Rujukan Masyarakat  Studi Islam-Indonesia bagi terwujudnya Masyarakat Damai Bermartabat. (sas/bas)