HARUS BERANI : Salah satu pemateri menyampaikan paparan kewirausahaan dalam Seminar Kewirausahaan Penumbuhan Minat Kewirausahaan di Kalangan Pemuda di Auditorium Universitas Tidar Magelang. (Sri Ustadah/Radar Kedu)
HARUS BERANI : Salah satu pemateri menyampaikan paparan kewirausahaan dalam Seminar Kewirausahaan Penumbuhan Minat Kewirausahaan di Kalangan Pemuda di Auditorium Universitas Tidar Magelang. (Sri Ustadah/Radar Kedu)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Kunci suksesnya para wirausaha muda dalam mengembangkan usahanya adalah sikap berani dan kreatif. Sebab, keberanian dan keteguhan dalam menampilkan sesuatu yang baru dan membuka diri untuk terus belajar, kesuksesan berwirausaha sudah di depan mata.

“Para wirausaha muda harus punya keberanian menjual keunikan yang berbeda dengan usaha yang sudah mapan. Selain itu harus membuka diri untuk menduplikasi usaha lain,” ujar Pemilik Omah Kecebong Hasan S Prayogo saat memberi materi Seminar Kewirausahaan Penumbuhan Minat Kewirausahaan di Kalangan Pemuda yang berlangsung di Auditorium Universitas Tidar (Untidar) Magelang, Kamis (9/8).

Hasan mengungkapkan, para wirausaha muda harus mampu mengubah pola pikir yang selama ini menjadi ketakutan para pengusaha. Wirausaha muda harus memiliki sikap berani, yaitu berani gagal, berani sukses dan berani berbeda.

Pemateri lainnya, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang, Jawardi menegaskan, Pemerintah Kota Magelang terus menumbuhkembangkan wirausaha muda kreatif dan inovatif. “Pemerintah mendorong dan membantu kewirausahaan baik melalui rekomendasi bantuan hibah, supervisi, pemantauan, evaluasi dan langkah kebijakan lainnya,” jelas Djarwadi.

Ketua Panitia Seminar Wirausaha RM Mahendradi yang juga Kepala UPT Wirausaha dan Pengembangan Desa menuturkan, peserta seminar terdiri dari mahasiswa baik dari Magelang maupun daerah lain di Jawa Tengah. Seminar ini didukung langsung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). “Materi disampaikan dalam dua sesi dengan tujuh narasumber yang merupakan pakar-pakar wirausaha. Harapannya, melalui seminar kewirausahaan bisa memunculkan mahasiswa-mahasiwa yang mandiri, bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri tetapi juga berprestasi d ibidang akademik,” beber Mahendradi.

Salah satu peserta seminar asal Untidar, Raih Luki, mengatakan, seminar ini sangat memberikan motivasi dalam mengembangkan wirausaha. “Acara seminar ini sangat bagus, karena selain mendapat ilmu baru juga menumbuhkan jiwa kewirausahaan,” ungkap Raih. (mg28/mg29/had/ton)