Rebranding Produk UKM Keramik

130

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah Jawa Tengah memfasilitasi para pelaku usaha kecil di bidang keramik untuk me-rebranding produk mereka. Hal ini guna meningkatkan kualitas produk sekaligus menyesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Kepala Dinas Koperasi UKM Jawa Tengah Ema Rachmawati mengatakan, potensi pasar keramik cukup besar. Di Jawa Tengah terdapat sejumlah UKM yang bergerak di sektor ini. Sayangnya, sebagian masih mengeluarkan produk konvensional. “Beberapa daerah sebetulnya ada, tapi produknya ya gitu-gitu aja. Padahal, saat ini para buyer permintaannya tidak sebatas keramik saja, tapi yang telah dimodifikasi, dipadu dengan kayu, dipadu lukisan dan lain-lain,” ujarnya, kemarin.

Oleh karena itu, para pelaku UKM ini didampingi, dilatih dan didekatkan dengan UKM lain dengan produk-produk yang telah menyesuaikan dengan kebutuhan pasar. Dengan demikian, mereka bisa memperbaiki produk yang dihasilkan. “Selain itu, kami juga dorong mereka melakukan rebranding. Dari produk yang sekedar gerabah menjadi yang lebih diminati pasar,” ujarnya.

Beberapa produk tersebut, lanjutnya, akan dipamerkan pada 10 – 13 Agustus mendatang di Java Mal. Selain itu, beberapa produk dari sektor lain yang telah tersertivikasi juga akan ditampilkan. “Akan ada keramik dan batik yang dihasilkan oleh para perajin yang telah tersertivikasi,” ujarnya. (dna/ton)