Jateng Menuju Smart Province

78

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Pemerintah provinsi sedang menyiapkan Jawa Tengah untuk melayani masyarakat dengan konsep Smart Province. Dengan konsep ini, semua sistem yang ada di Jateng akan terintegrasi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jateng, Dadang Somantri, mengatakan, dengan terintegrasinya semua sistem, masyarakat akan semakin mudah mengakses dan mendapatkan pelayanan. ”Seluruh kota/kabupaten juga sedang bergerak menuju smart city, ada yang sudah berjalan dan ada yang sedang dalam proses membangun. Nanti bisa dikonekkan dengan provinsi menjadi satu,” ujarnya.

Dijelaskan Dadang, ini merupakan salah satu upaya pemerintah provinsi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarkat. Mengenai progres, saat ini yang ada di provinsi sedang dalam kajian menuju bentuk formalnya. Namun demikian, mengenai infrastruktur, ia katakan, sudah dibangun secara bertahap.

Ia menginginkan, ketika sudah berjalan nanti, konsep berbasis IT ini dapat memberikan pelayanan masyarakat sesuai dengan instruksi Gubernur Jateng, yakni pelayanan yang cepat, murah dan mudah. ”Karena memang gubernur menerjemahkan smart  ini dalam 3 kata yang sederhana, layanan yang  mudah cepat dan murah,” bebernya.

Sembari berjalan, Jawa Tengah juga mendorong kota/kabupaten untu bergerak bersama-sama menuju konsep smart ini. Kepada kota/kabupaten ia mengajak berkomitmen memberikan pelayanan berbasis IT. ”Untuk yang di daerah, kuncinya ada pada komitmen kepala daerah untuk menjadikan pelayanan lebih baik,” kata dia.

Pelayanan yang mudah, cepat dan murah memang menjadi hal yang ditekankan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Selain itu, Ganjar juga mendorong pelayanan yang transparan dalam pemerintahan. ”Saya juga meminta semua yang ada di pemerintahan untuk menjaga integritasnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya. (sga/aro)