Ekonomi Jateng Tumbuh 5,54 Persen

1279

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Ekonomi Jawa Tengah di kuartal kedua tahun ini tumbuh hingga 5,54 persen. Pertumbuhan didorong oleh peningkatan konsumsi rumah tangga.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah, Sentot Bagus Widoyono mengatakan, secara umum pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah di kuartal II ini lebih baik dibanding kuartal I tahun ini maupun kuartal II tahun sebelumnya. “Kuartal kedua tahun lalu pertumbuhan 5,18 persen, kuartal satu tahun ini pertumbuhannya 5,43 persen. Hal ini menunjukkan kinerja ekonomi di kuartal kedua lebih bagus,” ujarnya, Kamis (9/8).

Pertumbuhan ini didorong oleh konsumsi rumah tangga yang meningkat sekitar 5,15 persen. Hal tersebut menunjukkan bahwa rumah tangga di Jawa Tengah memiliki pendapatan yang bisa lebih banyak dialihkan ke konsumsi.“Artinya kesejahteraan juga meningkat. Karena ketika rumah tangga mampu lebih banyak membelanjakan untuk konsumsi maka ada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan di sana,” ujarnya.

Selain peningkatan konsumsi, lanjutnya, pertumbuhan juga didorong oleh pembentukan modal tetap bruto, baik dari sisi bangunan maupun nonbangunan. Dari bangunan terlihat pada banyaknya proyek konstruksi. Di antaranya penyelesaian bandara Ahmad Yani, jembatan serta penyelesaian tol dan bangunan lain yang dikerjakan oleh swasta.

Sedangkan untuk yang nonbangunan terlihat dari tingginya impor mesin yang masuk ke Jawa Tengah pada kuartal kedua. Mesin-mesin tersebut diantaranya akan digunakan untuk PLTU yang tengah dibangun oleh pemerintah. “Dua komponen ini cukup signifikan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah,” ujarnya. (dna/ton)