Bangun Sinergitas TNI,Polri dan Ormas Melalui Lomba

887
SERU: Dua puluh pleton anggita ormas di Batang adu jago PBB dan yel-yel, di halaman Rumah Dinas Bupati Batang dan jalan Veteran, pada Kamis (9/8). (LUTFI HANAFI /JAWA POS RADAR SEMARANG)
SERU: Dua puluh pleton anggita ormas di Batang adu jago PBB dan yel-yel, di halaman Rumah Dinas Bupati Batang dan jalan Veteran, pada Kamis (9/8). (LUTFI HANAFI /JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, BATANG – Dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke-73 tingkat Kabupaten Batang, Komando Distrik Militer (Kodim) 0736 Batang menggelar lomba Persatuan Baris Berbaris (PBB) dan Yel-Yel. Melibatkan Organisasi Masyarakatan (Ormas).

Lomba yang berlangsung di Jalan Veteran Batang tersebut melibatkan ratusan anggota Ormas. Atau diikuti 20 pleton dari seluruh ormas yang ada di Kabupaten Batang. Kegiatan lomba PBB diikuti oleh 20 pleton yang terdiri dari FPI, Banser dan KOKAM.

Komandan Kodim 0736 Batang Letkol Kav Henry Napitupulu selaku penyelanggara  mengatakan, Lomba PBB dan yel-yel ini memang untuk menciptkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.”Kami ingin mempersatukan seluruh ormas walapun ada perbedaan tetapi tetap satu kebersamaan, dan untuk menciptakan disiplin bagi, seluruh ormas,” jelas Henry Napitupulu.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan ini juga menciptakan disipilin pada masing-masing anggota ormas, sehingga moralnya pun akan terbentuk untuk mencintai kedaulatan NKRI akan lebih meningkat.

“Hubungan ormas dengan TNI, Polri Sudah cukup bagus yang harus tetap terjaga dan kita tingkatkan, terlihat disetiap kegiatan kita selalu bersama-sama mensukseskannya kondusifitas wilayah,” terangnya.

Wakil Bupati Batang Suyono yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, ormas merupakan aset bangsa yang akan menjaga kedaulatan NKRI bersama TNI Polri, sehingga kebaradaanya harus bisa menyatu dan bersama mendukung program Pemerintah dengan untuk menciptakan kondusifitas wilayah.

“Ormas juga memiliki peran bersama TNI Polri untuk antisipasi masyarakat yang melakukan gerakan atau ajaran – ajaran  serta hasutan yang akan memecah persatuan dan kesatuan Bangsa,” jelas Suyono.

Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga mengatakan Polri dan TNI tidaklah mampu bergerak tanpa adanya dukungan masyarakat. Dan Polri pun tidak ingin dipisahkan dengan masyarakat Kabupaten Batang.

“Bupati, Kodim 0736 dan Polres Batang adalah milik masyrakat Batang dan walaupun seragam kita berbeda tapi kita saling membetikan masukan  untuknkemajuan Kabupaten Batang,” jelasnya. (han/bas)