Transaksi PRB Tembus Rp 1 Miliar

190
MERIAH : Selain ada pameran buku dan multi produk, Pekan Raya Batang juga dimeriahkan berbagai perlombaan dan hiburan. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)
MERIAH : Selain ada pameran buku dan multi produk, Pekan Raya Batang juga dimeriahkan berbagai perlombaan dan hiburan. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, BATANG – Pekan Raya Batang (PRB) Pameran Buku dan Multi Produk yang digelar selama satu pekan di Jalan Veteran Batang, tercatat menembus transaksi hingga Rp 1 miliar.

Alhamdulilah pameran buku dan multi produk sudah memenuhi target Rp 1 miliar dengan rincian 40 persen pembelian buku, sedangkan 60 persen untuk multi produk dan kulinernya,” ungkap Kepala Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Kabupaten Batang, Rahmat Nutul Fadilah, usai menutup PRB, Selasa ( 6/8) malam.

Capaian tersebut menandakan ada kenaikan transaksi yang sangat luar biasa bila dibandingkan dengan pameran-pameran tahun sebelumnya, yang digelar di Gedung Wanita. Hal ini disebabkan berlipatnya jumlah peserta pameran, jika dulu di gedung wanita hanya 40 peserta, kali ini diikuti 143 peserta pameran.

“Secara omzet dan keramaian memang lebih besar yang di Jalan Veteran, karena merupakan jalur utama keramian di Batang,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya meminta kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan. Hal ini untuk menerjemahkan program literasi untuk kesejahteraan. Sehingga PRB ini turut memberikan kontribusi bagi explorasi budaya literasi di Kabupaten Batang.

“Ini akan menjadi agenda tahunan dan ke depan kita akan mengundang lebih banyak lagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) hasil binaan Dinas Perpustakaan, karena kita memiliki 35 perpustakaan desa yang belum kita libatkan semuanya,” jelasnya.

Pimpinan CV Netral Irganizer Widodo mengapresiasi gelaran PRB tahun ini. “Kami sangat senang dan bangga, karena menjadi bagian suskesnya acara ini. Saya pribadi dan manajemen mengucapkan terimaksih kepada Pemkab Batang yang mempercayakan kepada kami,” ujarnya. (han/zal)