Tertular Ortu, 2 Pelajar Idap HIV/AIDS

1264

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Magelang menemukan dua anak di bawah umur positif mengindap Human Immunodefiency Virus dan Acquired Immune Defiency Syndrome (HIV/AIDS) sejak bayi. Kedua bocah tersebut, saat ini masih berstatus sebagai pelajar di salah satu SD dan SMP di Kota Magelang.

“Mereka tertular dari orang tuanya  (ibu, Red),” kata Sekretaris KPA Kota Magelang, Surasmono, saat di temui Jawa Pos Radar Kedu di kantornya.

Atas kejadian ini, ia mengimbau kepada ibu hamil untuk menjalani pemeriksaan HIV, sebagai langkah penyelamatan dua generasi sekaligus. Sesuai dengan amanat Permenkes 21 Tahun 2013 pasal 16 dan 17 tentang pencegahan penularan HIV dari ibu ke anaknya.

“Ibu hamil wajib melakukan tes HIV demi menjamin kesehatan ibu dan anak,” tuturnya.

Jika diketahui ada ibu hamil positif HIV, kata Surasmono, dapat perlakuan khusus. Penderita harus menjalani pengobatan rutin selama kehamilan. Lalu, pada saat anak berusia 1,5 tahun, ia menganjurkan untuk kembali mengecek kondisi kesehatan.

Masih menurut Surasmono, jumlah komulatif penderita HIV/AIDS dan kasus meninggal dunia dari tahun 2004 sampai Juni 2018 cukup banyak. Tercatat, ada 97 penderita HIV, 35 AIDS, serta 27 meregang nyawa akibat penyakit mematikan ini.

Sejauh ini, pihaknya melakukan berbagai upaya pencegahan. Mulai dari mengadakan voluntary counselling and testing (VCT), sosialiasi, dan kegiatan lain. “Kemarin (Minggu, Red) ada pemeriksaan di Pasar Burung, dan 12 Agustus mendatang ada pemeriksaan di Pasar Rejowinangun,” tandasnya. (mg23/mg24/mg26/put/lis)