Peduli Lombok, Siswa SD Mutual Galang Dana

591
GALANG DANA: Siswa SD Mutual Kota Magelang Selasa (7/8) menggalang dana untuk gempa bumi di Lombok Nusa Tenggara Barat. (Iin Malinda JP Radar Kedu)
GALANG DANA: Siswa SD Mutual Kota Magelang Selasa (7/8) menggalang dana untuk gempa bumi di Lombok Nusa Tenggara Barat. (Iin Malinda JP Radar Kedu)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Gempa bumi  berkekuatan 7,0 skala Richter yang menguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat Minggu (5/8) lalu memantik kepedulian siswa SD Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang. Kemarin (7/8) mereka menggalang dana di halaman sekolah dan mampu mengumpulkan uang Rp 23.115.000.

Aksi penggalangan dana tersebut melibatkan para siswa, guru dan karyawan SD Mutual Kota Magelang. Sebelumnya, siswa melaksanakan salat gaib di Masjid Tanwir sekolah tersebut.

“Penggalangan dana ini untuk menanamkan pendidikan karakter terhadap anak-anak sejak usia dini. Juga untuk meringankan beban saudara kita yang terkena bencana semoga infak dan sedekah ini dapat membantu mereka dan ditabahkan dalam mengahadapi segala cobaan ini,”papar Kepala SD Mutual, Mustaqim.

Mustaqim menjelaskan, kegiatan semacam itu sudah  dilaksanakan beberapa kali. Yaitu saat terjadi gempa bumi di Garut Jawa Barat, banjir bandang di Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, tsunami di Aceh dan peristiwa bencana alam lainnya.

Aksi yang dilakukan sebanyak 997 siswa SD Mutual Kota Magelang beserta guru serta karyawan, berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 23.115.000. Uang yang dikumpulkan bervariasi dari pecahan nominal Rp 2.000 hingga Rp 100.000.

Dana tersebut  akan disalurkan melalui Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Kota Magelang.

Salah satu siswa SD Mutual Kota Magelang, Vaqisya Zahra, yang duduk di kelas 3, mengaku merelakan uang celengannya untuk diberikan dalam aksi penggalangan dana tersebut.

Menurutnya, uang di dalam celengann itu, dikumpulkan sejak duduk di bangku taman kanak-kanak. “Sejak TK saya sudah menabung di celengan ini dan sudah penuh. Saya tidak tahu isinya berapa,” kata Zahra.(mg27/mg32/had/lis)