Gelar Salat Gaib untuk Korban Gempa Lombok

302
SHALAT GHAIB: Ratusan siswa MTs NU Ungaran menggelar shalat Ghaib untuk korban tragedi gempa di Lombok, kemarin. (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SHALAT GHAIB: Ratusan siswa MTs NU Ungaran menggelar shalat Ghaib untuk korban tragedi gempa di Lombok, kemarin. (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, UNGARAN – Ratusan siswa Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama (MTs NU) Ungaran melakukan salat gaib untuk mendoakan para korban dalam musibah gempa bumi di Lombok, NTB dan sekitarnya.

Salat gaib tersebut dilakukan di masjid kampus MTs NU Ungaran, Selasa (7/8) siang. Wakasek Humas MTs NU Ungaran, Zaenal Muttaqin mengatakan salat gaib tersebut sebagai tindak lanjut dari intruksi PBNU.

“PBNU memberikan surat edaran kepada kita untuk melakukan shalat Ghaib dan mendoakan para korban dari tragedi gempa di Lombok. Selain salat gaib, para siswa juga mengumpulkan donasi seikhlasnya,” katanya.

Menurutnya, bencana bisa menimpa siapa saja maka saat orang lain terkena musibah, sudah menjadi kewajiban umat untuk membantu sesuai kemampuan. “Maka melalui kegiatan tersebut, kita ingin membangun narasi berkaitan dengan rasa empati dan sosial para siswa,” katanya.

Dimana selain upaya lahiriah, ikhtiar batin juga harus dilakukan sebagai bentuk keimanan dan ketakwaan. “Saat ini kita punya segalanya, ya doa ya harta, mari kita berbagi sesama kita. Apalagi mereka sangat membutuhkan uluran tangan kita,” katanya.

Tindakan pengumpulan donasi juga sebagai pendidikan rasa empati siswa kepada sesama. “Maka tadi juga kita kumpulkan donatur,anak anak kita minta untuk beramal seikhlasnya,” katanya.

Salah satu siswa MTs NU Ungaran, Amirin, 14, berharap supaya semua korban dari gempa di Lombok diberikan kesabaran dan ketabahan. “Kepada sesama kita memang harus perduli, apapun itu yang dapat bisa kita bantu ya dibantu,” katanya.

Usai salat gaib, ratusan siswa kembali ke kelas masing-masing untuk mengikuti pelajaran kembali. Donasi yang sudah terkumpul nantinya akan disumbangkan kepada korban gempa Lombok. (ewb/bas)