Bawaslu Jateng Minta Masukan Publik

207

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG-Bawaslu Jateng mengantongi 334 nama untuk uji kelayakan dan kepatutan yang bakal dipilih untuk Bawaslu kabupaten/kota. Sebelum tahap wawancara di tim seleksi, pendaftar sudah melalui beberapa tahap seleksi lain, seperti seleksi administrasi, tes kesehatan, tes CAT, tes psikologi dan lain-lain.

Ketua Bawaslu Jateng, Fajar Saka menyatakan bahwa Bawaslu Jateng akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan kepada para calon. Uji kelayakan ini akan diadakan di Hotel Atria Magelang. Tiap kabupaten/kota sudah mendapatkan jadwal pelaksanaan uji kepatutan masing-masing. “Jadwal sudah tertera di pengumuman,” katanya.

Koordinator Divisi Humas Bawaslu Jateng, Muhammad Rofiuddin menyatakan Bawaslu mengharapkan masukan dari masyarakat untuk nama-nama yang telah diumumkan. Adapun nama-nama calon yang akan diseleksi lagi bisa dilihat di situs: http://jateng.bawaslu.go.id/. Masukan dari masyarakat sangat penting agar Bawaslu bisa mendapatkan figur terbaik.

Untuk masukan masyarakat telah tersedia kanal di lembar pengumuman dan masyarakat dipersilahkan memberikan masukan, bisa melalui surat, yakni ke Kantor Bawaslu Jateng dengan alamat: Jalan Papandayan Selatan Nomor 1 Semarang. Email: sdmbawasluprovjateng@gmail.com. SMS ke nomor: 08112777423. “Masyarakat tidak perlu khawatir, identitas akan kami rahasiakan dan masukan yang masuk akan kami konfirmasi ke peserta jika dibutuhkan,” tambahnya.

Perlu diketahui, Uji Kelayakan dan Kepatutan akan dilaksanakan pada 7 hingga 9 Agustus 2018 di Hotel Atria Kota Magelang. Setiap harinya, ada 12 kabupaten/kota yang akan menjalani tes kelayakan. Untuk para peserta diharapkan datang tepat waktu pada jadwal yang telah ditentukan.

Bawaslu melaksanakan seleksi perekrutan Bawaslu kabupaten/kota di Jawa Tengah. Seleksi ini sesuai dengan amanat UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Keberadaan Bawaslu kabupaten/kota yang tadinya hanya berstatus sebagai ad hoc, kini harus berstatus permanen. Saat pendaftaran dibuka, pendaftar Bawaslu di seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah sebanyak 1.324 orang. Tahapan seleksi sudah melalui beberapa tahap, seperti seleksi administrasi, CAT, psikologi, kesehatan, dan wawancara. Untuk tahap akhir, akan ada FPT dari Bawaslu Jateng. (fth/ida)