KHIDMAT : Sekda Provinsi Jateng, Sri Puryono, Rektor Unnes, Prof Fathur Rokhman dan ribuan mahasiswa nampak khidmat ketika menyanyikan lagu nasional yang dipimpim Addie MS melalui video conference, Minggu (8/7) kemarin. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
KHIDMAT : Sekda Provinsi Jateng, Sri Puryono, Rektor Unnes, Prof Fathur Rokhman dan ribuan mahasiswa nampak khidmat ketika menyanyikan lagu nasional yang dipimpim Addie MS melalui video conference, Minggu (8/7) kemarin. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Presiden Joko Widodo ( Jokowi) berpesan kepada mahasiswa untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, melalui video conference di Plaza Timur Stadion Utama GBK, dalam acara Harmoni Indonesia yang diselenggarakan serentak di 34 provinsi di Indonesia.

Universitas Negeri Semarang (Unnes) menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Jawa Tengah yang ditunjuk Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) sebagai tuan rumah dan menjadi titik temu berbagai perguruan tinggi di Jawa Tengah.

Bertempat di Plaza Timur Stadion Utama GBK, Senayan Jakarta, Presiden Joko Widodo berpesan dengan Harmoni Indonesia 2018, untuk mengkobarkan semangat peraturan dan kerukunan. “Karena itu aset terbesar bangsa yang bisa diberikan, kita semangati semuanya agar kita paham peraturan, kerukunan, nasionalisme adalah aset terbesar bangsa kita,” kata Jokowi dalam video conference Harmoni Indonesia, di Auditorium Unnes, Minggu (5/8).

Harmoni Indonesia sendiri merupakan ajang pemanasan Ulang Tahun Kemerdekaan ke 73 RI sekaligus menyambut Asian Games 2018. Acara nyanyi bareng Presiden dipandu Addie MS yang akan dilakukan serempak di seluruh Indonesia melibatkan 50 Universitas termasuk Unnes. Beberapa lagu nasional seperti Indonesia Raya, Satu Nusa Satu Bangsa, Garuda Pancasila, Bagimu Negeri, serta Rayuan Pulau Kelapa dinyanyikan oleh peserta untuk mengobarkan rasa persatuan dan kesatuan.

Sementara itu, Sekda Provinsi Jateng, Sri Puryono yang juga hadir dalam acara tersebut mengatakan jika sebagai generasi muda penerus bangsa, ia meminta mahasiswa tidak loyo dan selalu bersemangat dalam belajar.”Di era revolusi mental ini, adek-adek harus tegakan integritas. Kita wujudkan harmoni Indonesia, kita jaga dan rawat NKRI,” ujarnya.

Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman mengatakan, acara Harmoni Indonesia ini sebagai sebuah cara untuk mempertebal kesatuan bangsa dan semangat NKRI dan memininalisir faham radikalisme yang kini mulai menyasar kalangan mahasiswa. “Kita harus sadar jika disekitar kita ada keberagaman misalnya suku, ras dan agama yang ada di Unnes, namun perbedaan ini malah mambuat kita hidup rukun dan berdampingan,” tambahnya. (den/zal)