Kampung Hebat Lombakan 7 Kategori

269
BERDAYAKAN WARGA: Sosialisasi lomba Kampung Hebat 2018-2019 yang digelar di Gedung Moch Ichsan lantai 8 Kompleks Balai Kota Semarang, kemarin. (NURCHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)
BERDAYAKAN WARGA: Sosialisasi lomba Kampung Hebat 2018-2019 yang digelar di Gedung Moch Ichsan lantai 8 Kompleks Balai Kota Semarang, kemarin. (NURCHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COMSEMARANG – Pemerintah Kota Semarang bersama Jawa Pos Radar Semarang akan menggelar lomba Kampung Hebat 2018-2019 di Kota Semarang. Tujuannya, untuk meningkatkan pemerataan pembangunan yang lebih berkualitas. Lomba ini rencananya akan digelar mulai Oktober 2018 hingga April 2019 mendatang. Dalam lomba ini, warga akan diajak ikut serta dan terlibat langsung dalam memelihara, merawat, dan berkontribusi positif bagi kemajuan kampung masing-masing melalui aktivitas, inovasi serta terobosan baru lewat program yang nyata. Dengan mengikuti lomba ini, masyarakat Kota Semarang diharapkan mampu meningkatkan swadaya gotong-royong masyarakat di tingkat kelurahan.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyampaikan, dengan adanya sinergi antara masyarakat dengan aparatur tingkat kelurahan, maka akan mampu menciptakan perubahan bagi kampung-kampung yang ada di Kota Semarang. Salah satu cara untuk menciptakan sinergi tersebut adalah dengan mengikuti lomba Kampung Hebat ini. “Dalam lomba Kampung Hebat ini akan ada 6 kategori juara dan 1 kategori juara umum. Bagi para pemenang tentu sudah disediakan hadiah berupa sertifikat penghargaan, tropi, dan uang jutaan rupiah yang akan diberikan saat HUT Kota Semarang pada 2 Mei 2019 mendatang,” kata Hendi –sapaan akrab Wali Kota Semarang.

Hendi menambahkan, adanya penghargaan dan hadiah yang akan diterima bagi para pemenang jangan sampai dijadikan tujuan utama untuk mengikuti lomba Kampung Hebat tersebut. Karena sudah merupakan kewajiban bersama masyarakat agar bergerak bersama untuk Semarang Hebat.

General Manager Jawa Pos Radar Semarang, Iskandar, menjelaskan, 7 kategori lomba yang terdapat di kompetisi Kampung Hebat. Ketujuh kategori itu adalah Kampung Bersih dan Hijau, Kampung Sehat, Kampung Kreatif dan Inovatif, Kampung Rukun dan Aman, Kantor Kelurahan Terbaik, PKK Terbaik, dan Kategori Juara Umum dari seluruh kelurahan yang ikut serta.

“Sebelumnya kami sudah menyampaikan ide dan mempresentasikan gambaran lomba Kampung Hebat ini kepada Pak Wali Kota, beliau sangat setuju dan mendukung lomba ini untuk segera direalisasikan secepatnya agar dapat menciptakan Kampung Hebat baru di Kota Semarang,” kata Iskandar saat sosialisasi yang diikuti seluruh lurah dan camat serta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Gedung Moch Ichsan lantai 8 Kompleks Balai Kota Semarang.

Sosialisasi dipimpin Asisten Administrasi Pemerintahan Trijoto Sardjoko didampingi Kabag Tata Pemerintahan Hernowo dan Kepala Dispendukcapil Adi Trihananto. Hadir juga Pjs Sekda Agus Riyanto.

Iskandar menambahkan, juri yang akan menilai berasal dari Pemkot Semarang, Jawa Pos Radar Semarang dan kalangan akademisi. Para peserta yang diwakili RT dari masing-masing kelurahan akan dinilai dengan cara melihat langsung ke lokasi Kampung Hebat, dan melakukan voting di koran Jawa Pos Radar Semarang dan sosial media. (cr2/aro)