Harga Daging Sapi Stabil

1488

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Dua pekan menjelang Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah, harga daging sapi di Pasar Rejowinangun Kota Magelang masih normal. Yakni sekitar Rp 115.000 per kilogram untuk daging kualitas satu, dan Rp 100.000 – Rp 105.000 per kilogramnya untuk kualitas sedang. Para pedagang memprediksi, harga ini tidak akan naik hingga mendekati Idul Adha.

Seorang pedagang, Nok, 60, mengatakan, sejak tahun lalu harga daging sapi cenderung stabil. Stok yang melimpah sangat mempengaruhi harga di pasar tradisional. Karena itu, ia mengurangi jumlah kulakan, karena minat masyarakat cenderung turun.

“Biasanya, saya bisa menjual 5-8 kilogram per hari. Tapi seminggu sebelum dan sesudah hari raya, saya hanya mampu jual 3 kilogram per hari,” katanya, Senin (6/8).

Berbeda dengan pedagang lain, Lis, 35, memilih libur. Ia terpaksa menutup lapaknya selama dua minggu untuk menghindari kerugian penjualan. “Saya memilih libur, karena daging (sapi) jarang laku sesudah Lebaran. Sudah pembelinya jarang, persaingannya juga banyak,” tambahnya.

Sementara itu, seorang pembeli, Parlan Suparlan yang berjualan bakso, berharap harga daging tidak akan melonjak. Sebab ia akan kesulitan dalam menentukan harga dagangannya. (mg22/mg25/put/ton)