Dieng Cultur Festival Dievaluasi Menyeluruh

323

RADARSEMARANG.COM, BANJARNEGARA – Dieng Culture Festival (DCF) ke-9 yang baru saja usai dilaksanakan 3-4 Agustus bakal dievaluasi secara menyeluruh. Pasalnya, pergelaran event wisata ini masih menyisakan sejumlah persoalan dalam pelaksanaannya.

“Evaluasi yang dilakukan tentu harus kompleks. Mulai dari sarana prasarana serta sumberdaya manusianya. Tidak dapat dipisahkan,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara, Dwi Suryanto.

Dijelaskannya, persoalan utama dari event tahunan ini masih seputar pada kemudahan aksesibilitas. Seperti kesiapan jalan raya dan kantong parkir untuk menampung jumlah kendaraan wisatawan yang membanjiri jalan menuju Dieng saat DCF digelar.

“Semoga persoalan itu bisa diatasi. Panjangnya antrean kendaraan disertai kemacetan, ditengarai membuat calon wisatawan enggan berkunjung ke Dieng, khususnya saat pelaksanaan DCF,” ungkapnya. Meski demikian, pelaksanaan DCF terbilang sukses karena tiket sudah habis terjual sebelum acara berlangsung.

DCF merupakan acara tahunan yang bisa mengundang ribuan wisatawan untuk datang ke Dataran Tinggi Dieng dan sekitarnya. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang ikut hadir bersama istri, Siti Atiqoh menyatakan, DCF berdampak bagi perekonomian masyarakat setempat. “Banyak wisatawan yang datang bahkan hingga dua sampai tiga kali. Mereka sudah menikmati Jazz Atas Awan. Acara ini selalu menarik dan orang selalu menunggu-menunggu,” ujarnya.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Urip Sihabudin didampingi Kepala Bidang Pemasaran Alamsyah mengemukakan, pihaknya sangat mengapresiasi sambutan dari wisatawan mancanegara maupun luar daerah yang meramaikan event tersebut. Ditandai dengan ludesnya tiket sebelum acara berlangsung, serta pengunjung yang membludak saat acara dilaksanakan sejak Jumat (3/8). (her/drn/jpg/ton)