Bulan Dana PMI Targetkan Rp 1,3 M

96
TARGET NAIK: Rakor bulan dana PMI Demak diruang bina praja, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
TARGET NAIK: Rakor bulan dana PMI Demak diruang bina praja, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, DEMAK – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Demak terus menggenjot perolehan sumbangan dari masyarakat. PMI menargetkan bisa mendapatkan sumbangan dana Rp 1,3 miliar (Rp 1.319.360.000) untuk bulan dana PMI 2018 ini.

Target tersebut mengalami kenaikan dibanding pada 2017 yang hanya Rp 1 miliar (Rp.1.057.600.000). Berdasarkan mekanisme yang ada, sistem pemungutan sumbangan untuk sasaran penduduk didesa desa dikoordinasi langsung oleh camat diwilayahnya masing-masing.

Untuk setiap kepala keluarga (KK) dikenai Rp 2 ribu. Sedangkan, untuk pegawai dilingkungan oganisasi perangkat daerah (OPD) nilainya variatif. Untuk pejabat structural eselon II nilai sumbangan sebesar Rp 75 ribu.

Kemudian, eselon III dan IV nilai sumbangan sebesar Rp 50 ribu dan Rp 25 ribu. Sedangkan, pejabat fungsional dari dokter spesialis hingga guru non sertifikasi juga dikenai sumbangan. Untuk dojter spesialis nilai sumbangan Rp 150 ribu, dokter Rp 100 ribu, guru sertifikasi Rp 50 ribu dan guru non sertifikasi Rp 25 ribu.

Ketua panitia bulan dana PMI, Windu Sunardi mengatakan, sumbangan PMI juga menyasar ke sektor pengusaha dan pelajar. Untuk pelajar dikoordinasi langsung Dinas Pendidikan melalui UPTD masing masing. Nilai sumbangan dari pelajar antara Rp 1.000 sampai Rp 2 ribu persiswa.“Bulan dana PMI ini merupakan gerakan yang dilaksanakan PMI melalui kepanitiaan yang anggotanya dari unsur pejabat dan tokoh masyarakat,” ujarnya.

Ketua PMI Cabang Demak, dr Singgih Setyono MMR menambahkan, bulan dana tersebut untuk memenuhi kebutuhan berbagai aktifitas dalam periode tertentu. “Waktu penyetoran bulan dana PMI ini mulai Agustus sampai Oktober 2018,” ujarnya. (hib/bas)