4 Motor Diangkut Petugas

696
TINDAKAN TEGAS : Petugas menaikkan sepeda motor yang terbukti melanggar di kawasan Jalan Pemuda untuk dibawa ke Mapolres Magelang Kota. (Dok Dishub Kota Magelang)
TINDAKAN TEGAS : Petugas menaikkan sepeda motor yang terbukti melanggar di kawasan Jalan Pemuda untuk dibawa ke Mapolres Magelang Kota. (Dok Dishub Kota Magelang)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG Tim gabungan Dinas Perhubungan (Dishub), Satpol PP, Polisi Militer, dan Satlantas Polres Magelang Kota kembali mengangkut 4 sepeda motor yang terbukti melanggar di kawasan Pecinan Jalan Pemuda dalam operasi Kawasan Tertib Lalulintas (KTL), Senin (6/8). Keempat sepeda motor tersebut kemudian dibawa ke mako Satlantas Polres Magelang Kota.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Perparkiran Dishub Kota Magelang, Candra Wijatmiko Adi mengatakan, pihaknya masih menemukan sejumlah pelanggaran lalu lintas di Jalan Pemuda. Antara lain, kendaraan melawan arah, melintas di trotoar, serta pelajar tidak mengenakan helm. “Ada empat sepeda motor yang kita amankan dalam operasi KTL di Jalan Pemuda (kawasan Pecinan) kali ini,” kata Chandra.

Dari empat sepeda motor yang diangkut, satu di antaranya parkir di jalur lambat dan tidak ada pemiliknya, satu motor diberikan surat tilang dan dua motor lainnya parkir di trotoar tanpa ada pemiliknya. “Padahal seharusnya mereka memiliki kesadaran tinggi dan memberi contoh bagi yang lain, bukan justru melanggar. Tidak hanya itu, pelanggaran juga dapat membahayakan pengendara lainnya,” tegas Chandra.

Dishub sudah berulangkali mensosialisasikan dan mengimbau kepada pemilik toko serta karyawan di sepanjang Jalan Pemuda dan masyarakat lainnya untuk mematuhi aturan. “Parkirlah di kantong parkir yang sudah disediakan. Jangan parkir di trotoar, karena mengganggu pejalan kaki, sepeda, becak dan lainnya,” beber Chandra.

Kasatlantas Polres Magelang Kota, AKP Marwanto menyatakan, petugas juga mendapati sejumlah pengendara motor yang melawan arah. Mereka mendapatkan teguran dan diminta tidak mengulangi lagi. “Kami rutin melakukan giat penertiban kawasan jalur lambat dan juga wilayah KTL. Kami juga tindak tegas dan melakukan penyitaan kendaraan,” tukas Marwanto. (had/ton)