Raih Pendapatan PKB Tertinggi di Jateng

297
TERTINGGI : Kepala UPPD Demak Retni Pantja Indah Wijani dan Kabag TU Maryono di sela melayani masyarakat di stan Samsat dalam Demak Expo. (Wahib pribadi/radar semarang)
TERTINGGI : Kepala UPPD Demak Retni Pantja Indah Wijani dan Kabag TU Maryono di sela melayani masyarakat di stan Samsat dalam Demak Expo. (Wahib pribadi/radar semarang)

RADARSEMARANG.COM, DEMAK– Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Demak berhasil memperoleh pendapatan tertinggi di Jateng pada semester I 2018 ini. Kepala UPPD Demak, Retno Pantja Indah Wijani menyampaikan, pendapatan dari sektor pajak kendaraan bermotor tersebut terus meningkat dengan dukungan terobosan yang inovatif. Total perolehan mencapai 70,26 persen dengan nilai Rp 137,133 miliar dari target murni Rp 195, 181 miliar. Selain dari pendapatan pajak kendaraan bermotor (PKB), juga disumbang perolehan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan retribusi air permukaan.

Menurutnya, perolehan PKB sejak 31 Juli telah mencapai 65, 45 persen (Rp 58, 868 miliar) dari target murni dengan nilai Rp 89,938 miliar. “Tentu ini menjadi kabar baik bagi kami di UPPD Demak. Sebab, perolehan itu melebihi persentase tahapan atau ketentuan dari Provinsi sebesar 58, 33 persen,”katanya didampingi Kabag Tata Usaha (TU) Samsat, Maryono di sela Demak Expo dihalaman Standion Pancasila.

Selain PKB, pendapatan yang diperoleh dari BBNKB juga cukup tinggi. Untuk BBNKB ini, provinsi telah mematok ketentuan sebesar 58, 33 persen. Dari ketentuan itu, hingga akhir Juli lalu, BBNKB mampu tercapai 72, 51 persen. “Semua perolehan hingga menjadi yang tertinggi di Jateng ini berkat kerjasama tim UPPD Samsat Demak dan sinergitas dengan instansi lainnya, termasuk dukungan para wajib pajak yang melunasi sebelum jatuh tempo. Untuk menarik perhatian masyarakat ini, UPPD membuat Gebyar Hadiah Samsat 2018 berupa Toyota Innova dan puluhan kendaraan bermotor yang berlangsung sampai 31 Oktober. Kita berharap, masyarakat bisa memanfaatkan aplikasi sakpole serta undian ini agar pembayaran pajak bermotor tepat waktu,” katanya. (hib/sct/ton)