Nilai Transaksi Capai Rp 1,6 Miliar

158
SUKSES : Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Pemkab Demak Dra Siti Zuarin MM menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba dalam Demak Expo 2018 di sela penutupan kemarin. (Wahib pribadi/radar semarang)
SUKSES : Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Pemkab Demak Dra Siti Zuarin MM menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba dalam Demak Expo 2018 di sela penutupan kemarin. (Wahib pribadi/radar semarang)

RADARSEMARANG.COM, DEMAK-Pelaksanaan Demak Expo 2018 yang berlangsung 2 hingga 5 Agustus resmi ditutup. Kegiatan tahunan dalam rangka puncak peringatan Hari Koperasi ke-71 yang diikuti 101 peserta ini terbilang sukses.

Dilihat dari hasil akhir misalnya, nilai transaksi pendapatan total yang terbukukan bisa mencapai Rp 1,6 miliar. Artinya, tiap hari rata rata nilai transaksi mencapai Rp 400 juta. Itu diluar nilai transaksi perbankan dan transaksi lanjutan usai ekspo yang cukup menguntungkan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Pemkab Demak Dra Siti Zuarin MM mengatakan, nilai transaksi dalam Demak Expo meningkat dibandingkan tahun lalu. Pada 2017 dengan peserta ekspo sekitar 70 pelaku usaha, nilai transaksi yang terbukukan total sekitar Rp 900 juta. “Alhamdulillah, para peserta ekspo merasa senang karena produk jualannya laris manis. Tiap hari pengunjung rata rata mencapai seribu orang. Barangkali keramaian pengunjung ekspo ini tidak kalah dengan Grebeg Besar,” katanya didampingi Kasi UMKM, Sunarto.

Keramaian Demak Expo juga terbantu adanya banyak lomba yang ditampilkan. Seperti, lomba solo singer, fotografi dan lainnya. Lomba yang diikuti para remaja termasuk parade band menjadi wadah ekspresi anak muda dalam menyalurkan bakatnya. “Dalam Demak Expo ini penutupannya lebih cepat dari jadwal semula karena terbentur dengan kegiatan lain, yaitu sepak bola yang sama-sama di halaman Stadion Pancasila. Memang kedepan butuh tempat khusus untuk even UMKM seperti ini. Yang juga kita evaluasi adalah masih banyak pedagang yang belum memberikan nota penjualan sehingga pembeli tidak bisa menukarkannya dengan kupon yang kita sediakan untuk memperoleh doorprize. Melalui kupon ini kita bisa mengetahui sejauhmana nilai transaksi yang tercatat,”katanya. (hib/sct/ton)