Nella Kharisma Ramaikan Grebeg Besar

551
Bupati Demak HM Natsir didampingi pemilik CV Diana Ria Enterprise H Muntohar (tiga dari kanan) membuka Grebeg Besar 2018 di Pendopo kemarin malam. (wahib /JAWA POS RADAR SEMARANG)
Bupati Demak HM Natsir didampingi pemilik CV Diana Ria Enterprise H Muntohar (tiga dari kanan) membuka Grebeg Besar 2018 di Pendopo kemarin malam. (wahib /JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, DEMAK-Penyanyi Nella Kharisma (OM Lagista) dari Jawa Timur akan meramaikan panggung dangdut pasar rakyat Grebeg Besar 2018 lapangan Tembiring Jogo Indah, Senin (6/8) malam ini. Artis dangdut spektakuler dari Jatim dan Jateng lainnya juga dijadwalkan ikut manggung di hari-hari berikutnya. Misalnya, Amel Silvi dan Acha Kumala (OM Refana) manggung pada Selasa (7/8). Kemudian, Gerry, Brodin, dan Cak Met (OM New Palapa) akan manggung pada Rabu (8/8), Bintang Demak (OM Amora) tampil Kamis (9/8), Via Vallen (OM Sera) tampil Jumat (10/8), DJ Lulu Edot (OM Romansa) manggung pada Sabtu (11/8) dan Abah Lala (OM 86) manggung pada Minggu (12/8).

Pemilik CV Diana Ria Enterprise, H Muntohar mengatakan, pentas dangdut tersebut menjadi sarana hiburan bagi pengunjung pasar rakyat. Selain wahana mainan keluarga dan outbond, pasar rakyat kali ini juga disuguhkan hiburan lumba-lumba mulai 10 Agustus mendatang. “Untuk tiket masuk menonton atraksi lumba-lumba antara Rp 30 ribu sampai Rp 40 ribu. Lumba-lumba kita datangkan langsung dari Taman Impian Jaya Ancol Jakarta,” katanya di sela pembukaan Grebeg Besar di Pendopo Kabupaten, kemarin malam.

Pasar rakyat diramaikan 150 stan dengan pengelompokan zona sesuai barang dagangan yang dijajakan. Ada kuliner, pakaian, fashion, dan lainnya. “Pasar rakyat ini ikut pula memberdayakan masyarakat sekitar untuk menjadi petugas keamanan swakarsa, porter, penjaga pintu masuk area dan sebagainya,” kata dia.

Kepala Dinas Pariwisata, Rudi Santosa menambahkan, Grebeg Besar merupakan event tahunan sebagai potensi wisata lokal. “Pada puncaknya nanti ditandai dengan iring iringan prajurit patangpuluhan yang mengawal minyak jamas dari Pendopo ke Makam Sunan Kalijaga di Kadilangu,” katanya.

Bupati Demak HM Natsir berharap, event Grebeg Besar tersebut bisa menumbuhkan ekonomi lokal, di samping nguri uri budaya yang ada. “Tradisi ini akan terus kita lestarikan,” katanya. Turut hadir dalam acara ini, Wabup Joko Sutanto, Sekda dr Singgih Setyono MMR, Kepala Dinas Pendidikan Anjar Gunadi dan pejabat teras lainnya. (hib/sct/ton)