Berkuda Sembari Nikmati Panorama

1213
WISATA BERKUDA: Nirwana Stable menyuguhkan sensasi wisata berkuda. (SOFA L IZZA/JAWA POS RADAR SEMARANG)
WISATA BERKUDA: Nirwana Stable menyuguhkan sensasi wisata berkuda. (SOFA L IZZA/JAWA POS RADAR SEMARANG)

ASRI: Santoso Stable menyajikan banyak spot untuk wisata edukasi. (MILA ROHAYATI/JAWA POS RADAR SEMARANG)RADARSEMARANG.COM – DUA Tempat wisata anyar menawarkan sensasi wisata berbeda yaitu dengan berkuda. Kedua tempat tersebut adalah Nirwana Stable dan Santosa Stabel. Keduanya mengkolaborasikan wisata berkuda plus suguhan keindahan alam.

Tempat pertama yaitu Nirwana Stable terkletak di Purwosari, Mijen, Semarang. Merupakan salah satu tempat berlatih berkuda dengan pengajar profesional, kuda-kuda yang terbaik, dan area berkuda yang berstandar Internasional. Tempat yang memiliki lahan seluas 3 hektare ini layak dijadikan destinasi wisata di akhir pekan atau hari libur.

Tak hanya menawarkan wisata menunggang kuda saja. Nirwana Stable juga memiliki villa, cafe dan restoran. Pengunjung juga dikenalkan dengan steble manajemen. Yaitu pengenalan tata ruang kandang peternakan kuda, ventilasi udara dan fasilitas lainnya. Selain itu ada juga Horse Manajemen, anak-anak akan diperkenalkan dengan berbagai jenis kuda, pemberian makan, dan perawatan.

Dan kegiatan yang paling digemari adalah pony ride dan horse ride. Pengunjung diberi kesempatan menaiki kuda pony dan kuda lainnya.”Mengenai pony ride dan horse ride, ini bertujuan supaya anak-anak tahu bagaimana cara menunggang kuda yang benar, ” ujar pengelola, Edi Haryanto.

Destinasi berkuda lainnya adalah Santosa Stabel. Suasana sejuk terasa saat memasuki lahan seluas 5 hektare. Santosa Stabel terletak di dua Desa Leban dan Pasigitan Kecamatan Boja Kabupaten Kendal.

Santoso Stabel didirikan oleh Ana Santosa, pada 2015 lalu. Berawal dari keinginannya mewujudkan impian putri bungsunya, Ivana Putri Santosa yang sudah mencintai berkuda.  Selain area ketangkasan kuda, Anna juga membangun beberapa spot area untuk rekreasi pengunjung, seperti area bermain anak, kolam renang anak, outbond, area ATV, penginapan, resto, juga terdapat Pasar Ndoro yang buka setiap hari minggu.

“Niat saya membangun Pasar Ndoro ini agar tidak terjadi kesenjangan sosial antara masyarakat dan kami sebagai pihak pengelola. Dan Santosa Stabel ini merupakan ketangkasan kuda pertama yang ada di Kota Semarang. ” Ucap Anna kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Selain tracking berkuda, Santosa Stabel juga menyediakan kursus bagi pengunjung yang ingin belajar berkuda. Santosa Stabel sendiri kini sudah memiliki kurang lebih 30 puluh ekor kuda dari jenis lokal hingga internasional.

Meski pengunjung hari biasa tidak sebanyak akhir pekan, Santosa Stable tetap menjadi pilihan berlibur. Buktinya tidak hanya warga lokal saja melainkan pengunjung datang dari mancanegara, seperti Vietnam, Malaysia, Jerman, dan sebagainya.

“Kebetulan saya pertama kali kesini dan baru tahu juga dengan tempat ini, tempatnya enak dan nyaman untuk keluarga namun saya salah hari karena saat hari biasa ternyata sepi dan beberapa spot tidak dibuka,” ucap salah satu pengunjung Mida. (mg12/mg14/mg15/mg17/mg 19/mg21/bas)