Poles Seni Budaya Jadi Destinasi Wisata

419
MOTIVASI: Ketua dewan Penasehat sanggar seni Rantan Sari Uni Kuslantasi Wihaji rutin menyambangi sanggar seni untuk berikan motivasi. (LUTFI HANAFI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
MOTIVASI: Ketua dewan Penasehat sanggar seni Rantan Sari Uni Kuslantasi Wihaji rutin menyambangi sanggar seni untuk berikan motivasi. (LUTFI HANAFI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, BATANG – Kabupaten Batang gencar mengangkat potensi wisatanya, salah satunya dengan membuat banyak destinasi wisata baru. Seni dan budaya adalah salah satu sumber yang bisa dipoles menjadi tujuan wisata tersebut.

Untuk itu, dalam rangka mengembangkan kesenian dan meningkatkan kreativitas para penggiat seni di Kabupaten Batang, serta melestarikan seni dan budaya, Ketua Dewan Penasehat Sanggar Seni Rantan Sari, Uni Kuslantasi Wihaji rutin sambangi sanggar seni untuk memberikan pembinaan.

“Pembinaan terhadap sanggar-sanggar seni merupakan penyemangat, agar mereka terus tetap berkarya. Selain itu agar semakin terpacu untuk menghasilkan karya-karya yang lebih baik dimasa-masa yang akan datang,” kata Uni Kuslantasi Wihaji yang juga ketua tim penggerak PKK, Jumat (3/8).

Lebih lanjut Uni Kuslantasi Wihaji menambahkan, kesenian itu merupakan warisan dan hiburan yang dapat dipertontonkan kepada khalayak umum. Bahkan tidak hanya ditontonkan namun, juga menjadi tuntunan bagi masyarakat serta bisa juga dapat menghasilkan uang.

“Oleh karena itu seni budaya harus dikembangkan, harus banyak dipoles. Dan melakukan pembinaan untuk mencari bakat dan talenta seni sejak dini di tingkat sekolah, agar bisa bermanfaat kedepan,” jelasnya

Dengan adanya pembinaan ini diharapkan agar kesenian dapat berkembang menjadi menarik dan memiliki kualitas yang baik. Selain itu kesenian dan budaya dapat menjadi magnet wisatawan,  karena Batang memiliki kekayaan seni dan budaya yang luar biasa dari perpaduan dan akulturasi seni pesisiran, pegunungan bahkan akulturasi seni Eropa, Timur Tengah dan ini sejalah dengan program Bupati dengan visit Batang 2022.

“Seni dan budaya sebagai aset kita bersama, maka kita harus melestarikan dan mengembangkannya agar dapat memiliki nilai ekonomi disamping untuk menyalurkan bakat dan hobinya tapi juga memiliki manfaat untuk hiburan dan tuntunan bagi masyarakat,” bebernya.

Dalam  kesempatan tersebut Uni Kuslantasi Wihaji juga ikut menyeleksi perekrutan siswa – siswi SMP untuk membentuk Group Band Solid yang berlangsung di Sanggar milik Pratama Perum Kalisalak Batang. Sebelumnya, istri Bupati Batang ini juga berikan motivasi kepada siswas-siswi yang menjadi anggota sanggar seni, agar terus giat berlatih dan berkarya unutk diri sendir maupun untuk Kabupaten Batang. (han/bas)