Tertibkan Bangunan Tak Ber-IMB

482

Kegiatan ini kami gelar untuk menyadarkan masyarakat dalam mendirikan bangunan. Operasi rencananya dimulai tanggal 6 Agustu.

Sri Purwaningsih
Kepala DPMPTSP dan Naker Kabupaten Batang

RADARSEMARANG.COM, BATANGDinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP-Naker) Kabupaten Batang akan menertibkan bangunan yang tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

“Kegiatan ini kami gelar untuk menyadarkan masyarakat dalam mendirikan bangunan. Operasi rencananya dimulai tanggal 6 Agustus,” kata Kepala DPMPTSP dan Naker Kabupaten Batang  Sri Purwaningsih saat ditemui di kantornya, Kamis (2/8).

Rencananya operasi dengan tim teknis dari DPUPR dan Satpol PP. Harapannya bagi masyarakat yang belum mengurus izin bisa membayar di tempat. Karena tim teknis akan langsung menghitung luasan bangunan yang harus dibayarkan.

Yustisi IMB dilakukan karena ditengarai masih ada ratusan bangunan di Kabupaten Batang yang tidak mengantongi izin. Dengan yustisi ini diharapkan juga mampu menaikkan pendapatan asli daerah (PAD).

“Di kecamatan sendiri ada 30 kos – kosan yang tidak mengantongi izin dan ada juga beberapa ruko,” tegasnya.

Untuk target pendapatan IMB di tahun 2018 sebanyak Rp 825 juta, sedang saat ini realisasinya baru mencapai 28,8 persen. Sehingga untuk mencapai target tersebut pemkab melakuan jemput bola dengan melakukan operasi yustisi tersebut. (han/zal)