Penjualan Terios Melonjak Tajam

1923
VARIAN TERIOS BARU: Peluncuran Daihatsu All New Terios Custom di ajang Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) di ICE BSD Serpong Tangerang, kemarin. (ISTIMEWA)
VARIAN TERIOS BARU: Peluncuran Daihatsu All New Terios Custom di ajang Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) di ICE BSD Serpong Tangerang, kemarin. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG-Penjualan Daihatsu All New Terios melonjak tajam. Begitu juga dengan penguasaan pasar di kelas Sport Utility Vehicle (SUV) medium. Bahkan, pada Juni 2018 lalu, Terios mampu menggeser para pesaingnya dan bertengger di puncak penjualan.

“Memang mengejutkan, ternyata pasar SUV di Indonesia tengah memikat. Peluncuran Terios tahun ini pas momentumnya, sehingga penjualannya bisa melonjak,” ujar Deputy Chief Executive PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Supranoto di sela-sela peluncuran Daihatsu All New Terios Custom di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (2/8).

Berdasarkan data di registrasi kepolisian (Polreg), pada Juni 2018, Terios berhasil meraih pangsa pasar 28,92 persen. Performa Terios yang meroket terlihat dari rata-rata penjualan bulanan di sepanjang Januari-Juni 2018. Menurut data Polreg tersebut, rata-rata penjualan bulanan Terios naik 115 persen ketimbang rata-rata penjualan bulanan di 2017 lalu.

Menurut Supranoto, saat ini rata-rata penjualan Terios sekitar 3.000 unit per bulan. Angka itu dipastikan akan bertahan hingga akhir tahun. Sepanjang tahun ini, pasokan dari pabrik Astra Daihatsu Motor (ADM) sebesar 13.000 unit, dari jumlah itu sekitar 3.000 unit untuk ekspor dan sisanya dibagi untuk penjualan Daihatsu All New Terios dan saudara kembarnya, Toyota Rush.

Supranoto menambahkan, pihaknya menghadirkan Terios Custom di ajang GIIAS untuk memberi alternatif pilihan bagi konsumen di Indonesia. Terios Custom hadir lebih sporty dan tangguh. “Ini menjadi alternatif pilihan bagi masyarakat yang animonya tinggi terhadap kendaraan special edition,” tambah Supranoto.

Marketing and CR Division Head PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso, mengatakan, All New Terios Custom dilepas dengan harga Rp 240,3 juta untuk varian manual dan Rp 250,3 juta untuk varian otomatis. Ia optimistis, varian baru Terios itu bisa diterima dengan baik oleh masyarakat.

Sementara itu, berdasarkan data registrasi di kepolisian (Polreg), penjualan mobil pada semester 1/2018, Daihatsu masih berada di urutan kedua penjualan otomotif nasional. Sepanjang Januari hingga Juni 2018, dari total penjualan otomotif nasional sebanyak 510.131 unit, Daihatsu berada di urutan kedua dengan jumlah penjualan 90.344 unit dan pangsa pasar 17,71 persen. Posisi pertama masih dipegang Toyota dengan penjualan 163.246 (32 persen), dan tempat ketiga Mitsubishi yang meraih penjualan 79.673 unit (15,62 persen). Mitsubishi berhasil menggeser Honda yang selama ini berada di urutan ketiga penjualan otomotif nasional. Honda kini di posisi keempat dengan penjualan 78.826 unit (15,45 persen). (bis/aro)