2.800 Nasabah Diminta Bersabar

KSP Alfa Mandiri Cairkan Simpanan

1672
TUNGGU PENCAIRAN : Kuasa hukum KSP Alfa Mandiri Muhamad Jamal saat memberi penjelasan kepada nasabah KSP Alfa Mandiri, kemarin. (Ahsan fauzi/radar kedu)
TUNGGU PENCAIRAN : Kuasa hukum KSP Alfa Mandiri Muhamad Jamal saat memberi penjelasan kepada nasabah KSP Alfa Mandiri, kemarin. (Ahsan fauzi/radar kedu)

RADARSEMARANG.COM, TEMANGGUNG – Setelah vakum sekitar dua bulan, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Alfa Mandiri yang berlokasi di Jalan Temanggung-Magelang Km 6,3 Kranggan Temanggung akhirnya membagikan uang kepada nasabahnya. Namun pembagian baru diberikan pada nasabah yang memiliki simpanan maksimal Rp 500 ribu.

Pembagian uang tersebut telah berlangsung mulai Senin (30/7) hingga Jumat (3/8) ini. Pada tahap ini, ada sekitar 3.000 nasabah dari 5.800 nasabah yang bisa mencairkan dananya.

Kuasa Hukum KSP Alfa Mandiri, Muhamad Jamal mengatakan, pencairan disesuaikan dengan ketersediaan uang yang dimiliki koperasi. Setelah nasabah dengan dana maksimal Rp 500 ribu, akan dilanjutkan pada nasabah dengan nominal maksimal Rp 1 juta.

Jamal meminta kepada nasabah yang belum mendapatkan bagian uang untuk bersabar sambil menunggu penjualan aset dalam waktu 3 bulan ke depan. “Bagi yang berminat membeli aset bisa menghubungi kami dan kami meminta kepada anggota koperasi yang meminjam uang agar segera mengembalikan supaya koperasi bisa mengembalikan tabungan anggota,” jelasnya, Kamis (2/8).

Pengurus KSP Alfa Mandiri Ali Rohmad menuturkan, dua bulan ini, koperasi memang tidak melayani transaksi atau vakum. Sebelum Lebaran lalu, memang banyak nasabah yang ingin menarik uang secara bersama. Namun karena tidak tersedia uang tunai, maka pembagian belum bisa dilakukan. “Pada akhir Juli dan awal Agustus ini, kita (KSP Alfa Mandiri) baru bisa mencairkan,” ucap Ali.

Ali melanjutkan, sebenarnya koperasi mempunyai uang, tapi berbentuk aset. Saat ini pihaknya akan menyelesaikan pembayaran kepada 3.000 nasabah dulu. Adapun 2.800 nasabah lainnya akan dibayarkan kemudian. “Kita selesaikan bertahap, kami (KSP Alfa Mandiri) minta waktu 3 bulan untuk menjual aset. Setelah aset terjual, kami berjanji akan menyelesaikan kepada semua nasabah,” janjinya.

Kapolres Temanggung AKBP Wiyono Eko Prasetyo Temanggung menuturkan, pihaknya mengawasi janji pengurus yang akan menyelesaikan masalah tersebut dalam batas waktu 3 bulan. Apabila dalam waktu 3 bulan tidak bisa menyelesaikan pembayaran kepada nasabah, akan dilakukan proses hukum, karena selama ini 2 orang pengurus yang bertanggung jawab sudah ditahan di Polres hampir 2 bulan ini,” ucap Wiyono. (san/ton)