Puluhan Bacaleg Gugur

Tidak Perbaiki Berkas Pendaftaran

544

RADARSEMARANG.COM, WONOSOBO—Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi menutup masa perbaikan berkas pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg), Selasa (31.7) pukul 24.00 WIB. Puluhan bacaleg di eks Karesidenan Kedu hampir dipastikan akan gugur dan tidak bisa mengikuti kompetisi Pemilu Legislatig 2019 karena tidak melengkapi perbaikan berkas sampai batas waktu yang ditentukan.

Komisioner KPU Kabupaten Wonosobo  Asma Khozin menjelaskan, dari 15 partai yang mendaftarkan diri mengikuti Pemilu 2019, hanya Partai Garuda yang tidak memasukkan perbaikan berkas bacalegnya. Sebelumnya, Partai Garuda mendaftarkan 3 bacaleg yang akan bertarung di dapil 1 dan 3. Selain itu terdapat sejumlah bacaleg dari partai lain yang juga tidak melengkapi berkas perbaikan.

Dari 510 calon yang sudah mendaftarkan diri pada pencalonan anggota legislatif tahun 2019, ada sekitar 10 calon yang tidak melengkapi persyaratan pendaftaran. Asma belum bisa menyebutkan nama calon dan asal partainya. “Kami masih melakukan verifikasi terkait hal itu,” ungkapnya, Rabu (1/8).

Ada 11 eks narapidana yang mendaftar sebagai bacaleg di Wonosobo. KPU juga masih berkoordnasi dengan kepolisian terkait Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan persyaratan lainnya. “Yang jelas, dari KPU sudah menutup perbaikan sebagai syarat pendaftaran sebelum ditetapkan sebagai Daftar Calon Sementara (DCS) pada tanggal 1-8 Agustus besok,” katanya.

Di KPU Kabupaten Temanggung, terdapat sekutar 34 bacaleg yang terancam dicoret karena tidak memperbaiki berkas pendaftaran. Komisioner KPU Kabupaten Temanggung Ari Murti Hendrowardani menyebutkan sejumlah bakal caleg yang berkurang tersebut berasal dari Partai Demokrat, PSI, PKS, Partai Gerindra, dan Partai Berkarya. “Jumlah bakal caleg tersebut kemungkinan masih bisa berubah, nanti kepastiannya dalam daftar calon sementara,” ujarnya.

Bacaleg yang tidak memperbaiki berkas pendaftaran juga ada di KPU Kota Magelang. “Kami tidak bisa menyebutkan atau mengumumkan memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat (TMS) para bacaleg dari parpol. Karena hingga hari ini sampai tiga hari ke depan, kami melakukan verifikasi terhadap penyerahan perbaikan persyaratan,” kata Ketua KPU Kota Magelang, Basmar Perianto Amran, Rabu (1/7).

Basmar mengungkapkan, meskipun ada satu bacaleg dari parpol yang tidak menyerahkan perbaikan persyaratan, pihaknya tidak bisa melakukan klarifikasi secara personal. Sebab KPU hanya menerima pendaftaran atas nama parpol saja, sedang untuk nama bacaleg adalah urusan  internal partai. “Kalaupun ada bacaleg yang nantinya tidak lengkap berkasnya dan mengalami pergantian nama, itu urusan intern partai. Kalaupun ternyata ada pergantian nama bacaleg meski Daftar Calon Sementara (DCS) telah diumumkan pada 12 Agustus mendatang, masih bisa berubah asalkan belum menjadi Daftar Calon Tetap (DCT),” imbuh Basmar. (cr1/had/ton)