Oleh : Ari Riwayanto SPd
Oleh : Ari Riwayanto SPd

RADARSEMARANG.COM – DALAM kurikulum 2013,  IT (teknologi informasi)  sebagai acuan pembahasan dalam pembelajaran IPS Terpadu MTs. Pada dasarnya, guru IPS di Kabupaten Batang memiliki kemampuan dan pengetahuan penggunaan IT yang andal. Melalui kegiatan melibatkan kelompok MGMP guru IPS  MTs  se – Kabupaten Batang  negeri /swasta diperlukan kegiatan untuk  peningkatan kemampuan dan motivasi guru IPS dalam  menguasai perangkat dan media pembelajaran IPS. Karena perangkat IT dapat mendukung pembelajaran pada siswa dalam penerapan kurikulum 2013.

Untuk menerapkan IT dalam implementasi kurikulum 2013, terdapat beberapa kendala, di antaranya bagaimana meningkatkan pemahaman guru IPS MTs Kabupaten Batang untuk mengintegrasikan mata pelajaran IPS dengan IT dalam rangka implementasi kurikulum 2013, cara menyusun modul belajar yang mengintegrasikan perangkat, media dan aplikasi IT dengan kompetensi mata pelajaran, serta meningkatkan kapasitas guru dalam kompetensinya dan penguasaan IT.

Dalam penggunaan aplikasi IT, tahapan – tahapan yang dilakukan antara lain:  Pertama, persiapan yang dilakukan adalah survei, pemantapan dan penentuan lokasi sasaran, penyusunan bahan/materi pelatihan yang meliputi makalah dan modul materi IPS kurikulum 2013. Kedua, pelaksanaan dilakukan penjelasan mengenai penggunaan IT dalam mata pelajaran IPS . Tahap pertama metode yang digunakan ceramah untuk memberikan penjelasan mengenai penggunaan IT , menggunakan aplikasi yang berkaitan dengan materi  pelajaran IPS kurikulum 2103. Tahap kedua  menitikberatkan kemampuan guru tentang mengidentifikasi, memilih dan merumuskan materi kurikulum 2013  dalam kompetensi  mata pelajaran IPS MTs  setiap tatap muka di kelas, menyusun kerangka pembelajaran mata pelajaran IPS MTs kurikulum 2013, mengumpulkan bahan-bahan pembelajaran   sesuai dengan kompetensi dasar mata pelajaran IPS. Bahwa siswa dapat memperoleh pengalaman belajar yang utuh dan terpadu tentang pelajaran IPS dan implementasinya pada kurikulum 2013.

Berikutnya tanya jawab sangat penting bagi peserta didik baik ketika menerima penjelasan aplikasi IT pada mata pelajaran IPS  serta  mempraktikkannya. Bahwa metode ini dapat digunakan guru untuk mengenali pengetahuan  sebanyak-banyaknya tentang aplikasi IT yang mendukung proses belajar mengajar IPS di MTs.

Hasil pembahasan penggunaan aplikasi IT merupakan bagian mutlak dari pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi. Pengertian kompetensi adalah  sekumpulan pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai sebagai kinerja yang berpengaruh terhadap peran, perbuatan, prestasi, serta pekerjaan seseorang. Pengetahuan merupakan fakta dan prosedur. Keterampilan adalah keterampilan perilaku,  sedangkan karakteristik personal  adalah ciri pembawaan individu. Pada setiap kompetensi terdapat  tuntutan untuk membentuk tiga ranah, yakni kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Kompetensi pada pembelajaran IPS mutlak membutuhkan berbagai alat peraga terutama yang berkaitan dengan  peta, manusia purba, perdagangan, interaksi sosial, suku bangsa dan pakaian  adat.

Pembelajaran IPS pada tingkat MTs dalam kurikulum 2013 diharapkan sasarannya adalah implementasi IT pada mata pelajaran IPS kurikulum 2013, penguasaan IT yang menopang mata pelajaran IPS MTs, menggunakan alat peraga dengan mencari sumbernya melalui IT, dan meningkatkan kompetensi guru dan siswa dalam penguasaan IPTEK .

Untuk memajukan pendidikan dengan melakukan inovasi. Pada kegiatan ini dapat memberikan kesempatan  kepada guru dan peserta didik secara langsung mempraktikkan penggunaan IT  dalam penguasaan IPTEK. Perkembangan zaman yang semakin maju bidang pendidikan diimbangi  peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Dengan adanya SDM yang berkualitas akan mendukung peningkatan kemampuan guru dan siswa dalam mengikuti perkembangan  zaman. Semoga bermanfaat. (kpig1/aro)

Guru IPS MTs Nurussalam Tersono