7 BUMD Digelontor Rp 26 Miliar

251
Sekda Pemkab Demak dr Singgih Setyono MMR memberikan apresiasi reward pada Direktur PT Anwusa Gas Patno Zuwanto disela evaluasi BUMD di Pendopo, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
Sekda Pemkab Demak dr Singgih Setyono MMR memberikan apresiasi reward pada Direktur PT Anwusa Gas Patno Zuwanto disela evaluasi BUMD di Pendopo, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, DEMAK – Pemkab Demak memberikan suntikan modal usaha untuk 7 Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sebesar Rp 26 miliar. Ini diperlukan agar BUMD tersebut dapat meningkatkan kinerja usahanya dalam menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD). BUMD tersebut adalah PDAM, PD BKK Dempet, PD BPR BKK Demak, PD Apotek Sari Husada, PT LKM Demak Sejahtera, PD Anwusa dan Bank Jateng.

Sekda dr Singgih Setyono MMR mengatakan, modal usaha untuk BUMD tersebut bertujuan meningkatkan permodalan serta deviden kepada Pemkab Demak. Deviden dari BUMD pada 2018 ditargetkan mengalami kenaikan sebesar  14,5 persen.

“Untuk menggapai keberhasilan, maka perlu adaptasi, inovasi dan melipatgandakan kinerja. Tentu, semangat harus terus ditingkatkan agar target yang sudah ditetapkan bisa terealisasi,” katanya disela memberikan motivasi dalam evaluasi kinerja BUMD di Pendopo, kemarin.

Dalam kesempatan itu, Sekda dr Singgih sempat memberikan reward kepada Direktur PT Anwusa Gas, Patno Zuwanto terkait capaian penjualan yang memenuhi target. Rata-rata penjualan untuk bright gas antara 900 sampai 1.700 tabung perbulan. Sedangkan, untuk tabung ukuran 3 kilogram rata-rata penjualannya mencapai 2.240 sampai 3.600 tabung perhari.

Wabup Joko Sutanto menambahkan, agar BUMD bisa maju dan berkembang usahanya, maka perlu memegang prinsip disiplin, gaul, ramah, supel, dukungan keluarga serta mencintai pekerjaan. Selain itu, perlu adanya kepemimpinan yang baik, semangat, pengelolaan kehidupan yang baik dan sederhana. “Coba tingkatkan kinerja dengan banyak melakukan inovasi,” katanya.

Bupati Demak HM Natsir  mengatakan, sinergitas BUMD dinilai penting untuk bersama sama membangun Demak melalui capaian kinerja yang optimal. Dengan demikian, kesejahteraan dapat tercapai sesuai harapan. (hib/bas)