September, Mapolres Baru Ditempati

275
PERESMIAN: Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono bersama Bupati Kudus Mustofa meresmikan Mapolres Kudus yang baru di Desa Klaling, Kecamatan Jekulo, kemarin. (DONNY SETIAWAN/JPG)
PERESMIAN: Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono bersama Bupati Kudus Mustofa meresmikan Mapolres Kudus yang baru di Desa Klaling, Kecamatan Jekulo, kemarin. (DONNY SETIAWAN/JPG)

RADARSEMARANG.COM, KUDUS – Gedung Mapolres Kudus baru di Desa Klaling, Kecamatan Jekulo, Kudus diresmikan, kemarin. Rencananya, September mendatang gedung itu mulai ditempati. Nantinya, seluruh fungsi akan dipindah ke gedung baru. Kecuali, Unit Laka Lantas.

Peresmian gedung itu dilakukan Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono dan Bupati Kudus Mustofa, Komjen (purn) Nor Ali, jajaran kapolres se-eks Karesidenan Pati, organisasi perangkat daerah (OPD) Kudus, Ketua Majelis Ulama Kudus (MUI) Kudus Ahmad Hamdani, dan Ketua DPRD Kudus Ahmad Yusuf Roni. Saat peresmian ditandai penandatangan prasasti dan penekanan tombol sirine serta pemotongan pita oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono dan Bupati Kudus Mustofa.

Selepas peresmian itu, mereka masuk ke dalam gedung tersebut. Begitu masuk disambut dua polwan. Tiba di ruang lobi tampak megah dengan lampu gantung. Kemudian, mereka melihat – lihat tempat lain. Di lantai I, ada ruang tahanan, humas, satnarkoba, satbinmas, bagian sarpas, satlantas, intelkam, satintel, propram, dan pelayanan SIM. Sedangkan, di lantai II ada ruang aula, ruang kerja kapolres, ruang kerja wakapolres, kasi sitipol, bag pers, kasi keu, bag sumda, dan kasi was.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono mengucapkan, terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kudus yang menghibahkan tanah dan bangunan kepada Polres Kudus. Gedung ini lebih representatif dibandingkan gedung lama.

Dia bercerita, 18 tahun lalu pernah menjabat menjadi Kapolres Kudus. Dia merasakan gedung mapolres lama yang kurang representatif. Karena luasnya kurang memadai. ”Saya mengalami sendiri betapa sempitnya Mapolres Kudus yang lama karena unit harus memanfaatkan tempat yang ada,”papar Condro Kirono.

Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning mengaku, sangat bersyukur atas diresmikannya Gedung Polres Kudus baru. Selain mendapatkan hibah tanah seluas 1,5 hektare, memperoleh hibah bangunan.  ”Bangunan Polres Kudus yang baru dimungkinkan termegah di jajaran polres se-Jawa Tengah. Diharapkan dengan Mapolres Kudus yang baru lebih representatif memberikan peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya. (ruq/ris/jpg/aro)